cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Cara Kerja Kertas Amplas ( Kertas Gosok ) Pada Permukaan Kayu

Sebelum pekerjaan Finishing dari suatu produk akan dimulai sebaiknya dilakukan persiapan dari permukaan benda kerja. Persiapan dilakukan dengan tujuan membersihkan permukaan dari pengaruh kotoran dan cacat pada permukaan suatu produk, walaupun nantinya ada suatu cacat pada permukaan yang tidak dapat dibersihkan atau diratakan dengan sempurna.
Tetapi sebaiknya perlu didefinisikan dahulu, untuk bentuk cacat mana yang diperbolehkan dan tidak mengganggu penampilan dari barang tersebut  ketika pekerjaan akhir (finishing) telah dilakukan. 

  • Pekerjaan Awal Sebelum Proses Perakitan (Assembly)

Pemilihan bahan baku dan persiapan komponen-komponen pendukung yang akan dipergunakan dalam proses produksi menjadi sangat penting sekali sebelum pelaksanaan kerja dimulai. Persiapan permukaan kayu sebelum pekerjaan finishing harus dilakukan, misalnya : bebas dari mata kayu, lubang kayu karena bekas paku, retak, dsb.
Permukaaan kayu harus dihaluskan dengan menggunakan Kertas Amplas kayu semaksimal mungkin supaya mempermudah dalam aktivitas pekerjaan merakit komponen dari bagian satu dengan yang lainnya sebelum aktivitas penyelesaian akhir (finishing).
Finishing yang terlihat sempurna akan menjadikan nilai kayu menjadi tinggi sehingga akan menaikan harga jual dari barang tersebut.

 

  • Pemilihan Kertas Amplas Kayu

Ada banyak jenis Amplas yang dapat dipergunakan dalam proses produksi yang menggunakan bahan baku kayu. Tingkat kekerasan dari material kayu juga sangat mempengaruhi dalam pemilihan Kertas Amplas. Pilihlah Kertas Amplas yang tidak mudah rusak ketika dipergunakan. Kertas Amplas yang mudah rontok akan berpengaruh pada kecepatan dan produktivitas kerja.
Ada pemikiran dari orang awam, bahwa penggunaan Kertas Amplas dengan tingkat kekasaran (grade) yang paling halus akan mempercepat permukaan kayu menjadi halu. Ini pemikiran yang kurang tepat.  Dalam proses produksi ataupun finishing, sebaiknya gunakan tingkat kekasaran Kertas Amplas kayu secara bertahap, mulai dari yang tingkat kekasaran yang kasar (grade < 100) kemudian dilanjutkan dengan yang sedikit lebih halus (grade 120 – 150), setelah itu gunakan yang paling halus sesuai kebutuhan (grade > 200).
Bila diperlukan Kertas Amplas dengan grade 320, tidak ada masalah dan ini tergantung dari jenis kayu yang dipergunakan dalam pembentukan produk. Beberapa jenis kayu keras memang sangat diperlukan tingkat kekasaran sampai dengan 320 sebelum dilakukan finishing.

 

  • Teknik Melakukan Proses Pekerjaan Dengan Amplas

Pada saat pertamakali akan melakukan pekerjaan menghaluskan permukaan dengan menggunakan Kertas Amplas maka yang harus diperhatikan adalah arah serat dari material kayu tersebut. Karena untuk mempercepat aktivitas pertamakali menggosok permukaan kayu, maka arah Kertas Amplas harus memotong arah serat kayu yang kasar tersebut agar proses pembersihan cacat kayu dibagian permukaan yang kasar tersebut dapat lebih cepat dilakukan sampai bagian yang kasar tersebut menjadi agak halus. Untuk aktivitas kerja digunakan material Amplas dengan tingkat kekasaran grade 80 – 100.

                                                                         Kertas Amplas ( Kertas Gosok ) - RADIUM

Aktivitas ini dapat dilakukan secara manual ataupun dengan menggunakan Mesin Amplas. Bila dilakukan secara manual maka sebaiknya gunakan alat bantu berupa balok kayu yang ukuran atau bentuknya bisa disesuaikan agar dapat dipegang oleh tangan dengan nyaman. Balok kayu tersebut umumnya berukuran (80x40x20) mm dan dipergunakan supaya tangan terhindar dari luka ketika menggosok permukaan kayu.
Setelah permukaan kayu menjadi agak halus dan cacat pada permukaan tidak ada, maka arah menggosok dengan bahan Amplas harus segera dirubah agar menjadi searah dengan serat kayu, sampai diperoleh permukaan yang halus dan siap untuk dilakukan finishing. Bisa digunakan material Amplas dengan tingkat kekasaran sampai grade 320.

Untuk memperingan pekerjaan meng-amplas maka ketika dilakukan perakitan dengan menggunakan lem basah ataupun kering supaya diperhatikan kebersihan dari sambungan kayu tersebut agar tidak timbul bercak permanen pada permukaan kayu.
Proses menggosok juga dilakukan dengan sangat hati-hati pada bagian pojok sambungan biasanya ada debu yang menempel dan sulit dibersihkan secara manual, bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan tekanan angin yang kering.
Jika semua permukaan dan bagian pojok telah dibersihkan maka proses finishing sebaiknya segera dilakukan agar diperoleh hasil yang baik dan sesuai dengan rencana kerja untuk finishing akhir.  

Back