cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Tips Cara Menghilangkan Cat Minyak di Dinding

Menghilangkan atau menghapus cat minyak di tembok merupakan hal yang tidak sederhana sekaligus tidak mudah untuk dilakukan. Memerlukan waktu dan tenaga yang sangat ekstra. Bagi sebagian orang cat minyak merupakan sebuah ancaman untuk tembok. Bahan yang mudah lekat membuat cat minyak sangat tidak mudah dihilangkan dari tembok. Banyak kasus yang terjadi dengan berbagai upaya untuk menghilangkan cat minyak di tembok. Pasti ada yang berhasil dan ada pula yang harus gigit jari karena noda cat minyak di tembok sulit untuk dihilangkan. Berbagai macam cara pasti akan ditempuh, mulai dari cara sederhana yang diwariskan oleh orang terdahulu, hingga cara modern. Pada setiap cara pasti memiliki sisi negatif maupun positif, jadi cara apa yang paling bagus untuk menghilangkan cat minyak di tembok.

Sebelum lebih jauh membahas mana yang akan dipilih, alangkah lebih baiknya jika mempersiapkan langkah-langkah keamanan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan perlengkapan keamanan tubuh, sbb: 

  1. Sarung Tangan
  2. Respirator
  3. Perlindung Telinga/Pendengaran
  4. Kacama Khusus

Hal tersebut untuk menghindari polusi yang akan terjadi di ruangan, maka sudah barang tentu harus  menggunakan perlindungan ekstra untuk perlindungan tubuh. Faktanya bahwa penghapusan cat minyak di dinding akan menimbulkan polusi debu yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Setelah persiapan sudah lengkap, maka langkah selanjutnya adalah menentukan jenis peralatan apa yang harus digunakan untuk menghilangkan cat minyak di dinding. Akan tetapi sebelum bertindak lebih jauh juga perlu diperhatikan usia atau lama cat minyak itu menempel di dinding. Maka dari itu perlu juga dipersiapkan peralatan untuk menghapus cat minyak. Berikut ini beberapa cara menghilangkan cat minyak di tembok yang bisa Anda coba:

1. Amplas dengan berbagai tingkat kekasaran

                                      Kertas amplas ( Kertas Gosok )

Amplas merupakan sejenis kertas yang biasa kita gunakan untuk membuat sebuah permukaan benda menjadi lebih halus pastinya. Caranya adalah dengan kita menggosokkan salah satu permukaan amplas yang sudah ditambahkan bahan yang kasar ke permukaan benda itu sendiri. Fungsi amplas disini adalah untuk menghaluskan permukaan dengan cara menggosokkan itu tadi. ( Beli Kertas Amplas di www.klikmjm.com )

Untuk halus atau kasarnya kertas amplas yang kita gunakan bisa ditunjukkan oleh angka yang tercantum dibalik kertas amplas. Nah, semakin besar angkanya bukan berarti semakin kasar. Justru itu menunjukkan bahwa kertas amplas semakin halus dan juga susunan pasir pada amplas tersebut semakin padat. Begitu juga sebaliknya, semakin kecil angka, maka semakin kasar permukaan amplasnya, yang berarti semakin renggang susunan pasir yang terdapat pada amplas. ( Beli Kertas Amplas di www.klikmjm.com )

Sebagai contoh, untuk nomor-nomor yang tertera pada amplas kain adalah nomor o, nomor 1,nomor 11/2, nomor 2, dan seterusnya. Adapun nomer aplas yang tertera pada amplas kertas dan amplas gulungan misalnya nomor 80,100,150,240,400 dan seterusnya.  Amplas itu sendiri bisa kita gunakan untuk mengamplas lapisan cat, putty (dempul) ataupun surfacer.

Dalam hal ini amplas berfungsi untuk menghilangkan cat minyak. Apabila tidak bisa hilang secara penuh, setidaknya sudah bisa menipiskan lapisan cat minyak yang menempel di tembok. Dalam hal ini amplas sebagai alat yang akan dipadukan dengan grinder.

 

2. Gerinda 

                 Gerinda Tangan

Dengan menggerinda artinya kita menggosokkan ataupun mengauskan dengan sebuah gesekan atau mengasah. Pada manufaktur, hal ini ditunjukkan dengan adanya pelepasan logam oleh suatu amplas putar, gerakan yang dihasilkan mirip dengan pemotong fris. ( Beli Amplas Disc/Mata Gerinda di www.klikmjm.com )

                                 Mata Gerinda atau Amplas Disc

Roda pemotong itu sendiri terdiri dari banyaknya butiran kecil yang dilekatkan bersama. Butiran-butiran itu berfungsi sebagai pemotong miniatur. Mula-mulanya perkakas gerinda, dengan perkakas yang ditempatkan didalam plat pemandu dan diatas roda gerinda, namun sekarang sudah tidak dipakai lagi. ( Beli Amplas Disc/Mata Gerinda di www.klikmjm.com )

Gerindra dalam penghapusan cat menjadi alat yang penting dengan amplas, penggunaan gerindra menjadi kemajuan atau bisa dikatakan sebagai cara yang modern. Artinya semua sudah menggunakan alat otomatis, tidak lagi manual. Selain itu penggunaan alat otomatis lebih mempercepat kerja.

Back