cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Tips Mengatasi Baret pada Kaca Kendaraan

Seringkali kaca kendaraan mengalami baret karena adanya kotoran di kaca yang mengalami gesekan saat tersapu wiper. Untuk mengatasi baret tersebut, kaca kendaraan perlu dipoles. Sebenarnya memoles kaca dapat dilakukan di bengkel tetapi Anda pun bisa melakukan sendiri untuk mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai keinginan Anda.
 
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan dan perlengkapan untuk memoles, antara lain: bubuk poles kaca cerium oxide, amplas halus, backing pad berbahan 'felt' berukuran 3 atau 4 inchi , dan perkakas seperti bor untuk mempermudah proses pemolesan. Semua bahan tersebut dapat ditemukan di toko perlengkapan poles. Selanjutnya, siapkan semprotan air, lap chamois, selotip, dan koran atau kertas. ( Beli Amplas Halus dan Amplas Kasar di www.klikmjm.com )
 
Amplas Halus untuk Kaca Baret
Pertama-tama, bersihkan permukaan kaca menggunakan air dan lap lalu periksa bagian yang baret menggunakan kuku jari. Jika kuku tersangkut, ini menunjukkan baret tersebut cukup dalam. Maka, ambillah amplas halus untuk mengamplas bagian yang baret tersebut secara lembut dengan cara memotong arah baret agar tak merusak kaca.  ( Beli Amplas Halus dan Amplas Kasar di www.klikmjm.com )
                                                                  Amplas Duco Radiproof - RADIUM
 
Kemudian bersihkan lagi bagian yang sudah diamplas menggunakan air dan lap. Lantas selotip bagian pinggir kaca untuk melindungi body. Apabila diperlukan, lindungilah body kendaraan dengan menggunakan koran atau kertas pelindung karena noda cairan poles yang mengering akan sulit dibersihkan dan dapat merusak cat body.
 
Selanjutnya, cairkan bubuk poles kaca cerium oxide menggunakan air bersih secukupnya hingga mendapatkan kekentalan menengah. Jika terlalu cair, proses pemolesan bisa semakin lama. Pasang backing pad pada bor. Jika tidak ada bor, gunakan tangan saja. Olesi pad dengan cairan cerium oxide lalu mulailah memoles dengan gerakan melingkar.
 
Sebaiknya, lakukan pemolesan dengan pergerakan perlahan ke seluruh bagian kaca dan jangan memoles pada satu bagian terlalu lama. Untuk bagian yang baret, berikan penekanan untuk menghilangkan bekas buram karena pengamplasan. Ketika memoles kaca, jangan lupa menyemprotkan air agar kaca tidak bergelombang atau bahkan retak karena panas dari gesekan.
 
Tambahkan cairan cerium oxide bila dirasa sudah habis dan teruskan memoles kaca hingga baret memudar. Setelah selesai memoles gunakan lap chamois untuk membersihkan kaca. Dengan demikian, kaca kendaraan akan tampil bersih dan berkilau.
Back