cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Tips Agar Furniture Lama Anda Terlihat Baru

Furniture Kusam merupakan masalah yang akan terjadi jika mebel atau perabotan furniture Anda sudah mulai usang, ada baiknya Anda membaca tips mengubah furniture lama menjadi baru lagi ini.

Jasa Finishing Ulang Adalah Mahal

Ada beberapa cara untuk merubah tampilan furniture lama menjadi tampak baru lagi, beberapa langkah tersebut adalah refinish ulang. Jasa refinish ulang sangat banyak terutama di kota Jakarta dll, Refinish ulang jika dilakukan oleh tenaga ahli dapat dipastikan memakan dana dan biaya yang tidak sedikit pastinya.

Stripping Furniture

Alternatif yang paling mudah adalah Anda lakukan sendiri dengan metode sederhana seperti Stripping Furniture. Apa Itu Stripping Furniture? Yang dimaksud disini adalah mengelupas cat lama Anda dengan metode yang sederhana menggunakan bahan remover atau stripper. Mengelupas Cat dengan bahan remover atau stripper ini berfungsi untuk membuang lapisan cat sanding dasar karena bahan cat ini merupakan kunci berhasilnya stripping Anda nantinya. Lapisan cat dasar ini menyulitkan bagi Anda nantinya untuk merefinish ulang.

Alat-Alat Yang Digunakan Untuk Melakukan Proses Pengupasan Ini Bisa Anda Lihat Dibawah Ini :

  • Alat Kuas Dengan Ukuran kecil, sedang dan besar
  • Alat Untuk Mengikis Seperti Sosrok, Tusuk Gigi, Kertas Amplas Grit 100-108
  • Kain Pop Atau Kain Bersih Yang Tidak Terpakai
  • Stripper Atau Remover Cat
  • Heat Gun
  • Pelindung Tangan
  • Masker Babi Atau Masker Kain
  • Aplikasi Stripping

Pakai Sarung Tangan Dan Masker Anda

Sebelum melakukan proses pengelupasan cat sebaiknya lindungi badan anda terutama dengan memakain sarung tangan dan masker karena bahan yang digunakan sangat keras dan tajam.

Bersihkan Permukaan Dengan Air Dan Keringkan

Jangan lupa untuk membersihkan permukaan furniture baik itu lemari ataupun kursi makan minimalis yang akan di refinish. Jika ingin bersih total gunakan cairan pembersih piring dan kemudian tunggu hingga kering.

Bahan Remover Atau Stripper

Kuaskan bahan remover atau stripper ke seluruh permukaan finishing yang akan dihapus, tunggu beberapa saat sampai mulai terlihat buble udara.

Percepat Proses Stripper Dengan Heat Gun

Atau untuk mempercepat proses gunakan hair drier atau Heat Gun agar proses buble cepat terlihat. Kemudian gunakan alat untuk mengikis:

Alat Pengikis Cat

Alat untuk mengikis cat ini sangat variatif terdiri dari fungsinya masing masing,seperti sosrok untuk permukaan rata dan untuk alat yang melingkar khusus untuk tiang aatau bagian profil yang tidak rata seperti pada mebel ukir jepara misalnya.

Bersihkan Sisa Cat Yang Terselip

Sikat kawat untuk membersihkan sela finishing yang menyelip di urat dan alur kayu, Tusuk gigi berfungsi juga untuk mencongkel sisa cat yang susah dibersihkan dengan kawat dan alat sosrok kayu. Terkesan tidak berguna tapi justru sela sela inilah yang membuat tampilan akan tidak bagus jika di refinish ulang.

Haluskan Dengan Amplas

Amplas disini berfungsi untuk menghaluskan permukaan kayu setelah proses remover. Kertas Amplas ini juga bermacam macam ukurannya sesuai tingkat kekasarannya. Pada step awal gunakan amplas kasar atau nomer terkecil bisa 80 atau 100, setelah itu haluskan sesuai tingkat kehalusan amplas.

                                                                 Kertas Amplas Duco - RADIUM

 

Hal Penting Selama Proses Pengelupasan Cat Finishing:

> Lakukan Diluar Ruangan

  • Proses ini harus Anda lakukan di Outdoor atau di luar ruangan, aliran udara atau ventilasi harus cukup banyak karena sekali lagi bahan remover ini sangat kera.

> Lindungi Diri Anda

  • Selalu gunakan pelindung badan, seperti sarung tangan dan menggunakan masker babi atau masker kain, Jika Anda baru melakukan proses ini maka bau dari remover ini sangat menyengat dan jika tidak terbiasa bisa mengakibatkan pusing kepala.

> Jangan Kotori Lantai Anda

  • Lindungi permukaan lantai atau tembok jika Anda lakukan dalam ruangan yang terbuka dengan koran atau plastik, karena cata yang terkena remover akan mudah mencair dan mengotori lantai ruangan.

> Tinggal Selangkah Lagi

  • Jika anda ingin merefinish ulang yang cukup sederhana dengan tampilan luar biasa bisa mengaplikasikan finishing water based atau aqua polyture.
Back
Whatsapp