support@radium.co.id 021-2921 8911

7 Alat Di Sekitar Kita Yang Berfungsi Untuk Membersihkan Furniture Kayu

7 Alat Di Sekitar Kita Yang Berfungsi Untuk Membersihkan Furniture Kayu

Anda pastinya pernah melihat perabot rumah dengan material kayu, bukan? Bahkan mungkin Anda sendiri pun memiliki perabot tersebut. Kayu bukan hanya material populer yang digunakan sebagai bahan-bahan dalam membangun rumah, namun juga sangat multifungsi digunakan untuk hal-hal lain seperti membuat meja, kursi dan sebagainya. Kayu sendiri merupakan bagian dari batang atau ranting yang sudah mengeras karena telah mengalami lignifikasi atau yang dikenal dengan proses pengayuan. Kayu terbentuk diakibatkan oleh akumulasi dari selulosa serta lignin pada dinding sel yang menampung berbagai jaringan di dalam batang.

 

Banyak orang yang menyukai perabot rumah yang terbuat dari kayu karena warna khas yang ditimbulkannya. Selain itu, kayu juga memberikan kesan alami yang hangat serta dapat digunakan sebagai salah satu cara menyulap rumah biasa menjadi mewah. Sehingga tak jarang, jika berbagai macam jenis kayu banyak yang di olah kembali menjadi perabotan. Dari semua jenis-jenis kayu, tetap kayu jatilah yang menjadi bintang utamanya karena dinilai kuat, awet serta termasuk ke dalam jenis-jenis kayu yang tidak dimakan rayap. Namun, harganya sangat mahal sehingga tidak cocok bagi Anda yang ingin tips hemat membangun rumah.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa disamping keindahannya perabotan kayu jauh lebih rentan dibandingan dengan perabotan berbahan dasar lain. Mengapa demikian? Karena kayu sangat mudah terlihat kusam jika Anda tidak rajin membersihkan. Selain itu kayu juga dengan mudah tergores jika pemakaiannya tidak hati-hati. Meletakkan perabot kayu pun juga perlu dipertimbangkan, karena sinar matahari langsung dapat menyebabkan kayu cepat kusam.

Untuk itu, membersihkan furniture kayu minimal dilakukan satu kali dan seminggu. Namun masih banyak orang yang tidak mengetahui pembersih furniture kayu yang baik. Tapi jangan khawatir! Berikut ini adalah beberapa pembersih furniture kayu yang dapat Anda gunakan, yakni :

 

1. Lap basah

Perabot kayu dapat dibersihkan dengan menggunakan lap basah. Selain itu, sebulan sekali juga Anda dapat melakukan penyemiran pada perabot tersebut. Namun terkadang, setiap jenis kayu memiliki ketentuan sendiri tentang cara perawatan yang baik. Untuk itu ketika Anda hendak membeli sebuah furniture kayu sebaiknya Anda bertanya kepada penjualnya bagaimana cara merawat kayu tersebut dengan baik.

 

2. Kemoceng

Terkadang perabot kayu ada yang sudah difinishing dengan pernis dan ada yang tidak. Untuk perabot yang sudah di pernis, perawatannya akan jauh lebih mudah. Untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel Anda dapat menggunakan kemoceng. Tapi jangan lupa, setelah debu dan kotoran sudah dibersihkan, lantai rumah harus tetap di sapu. Menjaga kebersihan sangatlah penting karena termasuk ke dalam salah satu ciri-ciri rumah sehat.

 

3. Kain halus

Pembersih furniture kayu juga dapat dilakukan dengan menggunakan kain halus seperti yang terbuat dari bahan microfiber. Cara membersihkannya pun cukup mudah, dengan menyelupkan kain tersebut ke dalam campuran air dan sabun. Setelah menyerap kain kemudian digunakan untuk membersihkan permukaan kayu, setelahnya Anda dapat segera mengeringkan dengan lap kering.

 

4. Minyak lemon

Membersihkan kayu dengan menggunakan minyak lemon dapat dilakukan dalam waktu beberapa bulan sekali. Caranya pembersihannya pun cukup mudah, yakni dengan membasahi kain yang bersih yang telah dipersiapkan kemudian diteteskan sedikit dengan minyak lemon. Selanjutnya kain tersebut digunakan untuk mengelap seluruh furniture kayu di rumah.

 

5. Cairan pembersih kayu

Cairan pembersih kayu tentunya dapat digunakan sebagai pembersih furniture kayu. Selain itu, sangat mudah menemukannya karena banyak dijual di pasaran. Tapi sebenarnya Anda bisa membuat carian pembersih kayu sendiri lho! Mau tahu caranya? Yakni dengan mencampurkan satu cangkir cuka dengan tiga cangkir minyak zaitun dalam sebuah botol, kemudian dikocok hingga keduanya tercampur. Setelahnya, campuran ini dapat digunakan untuk mengelap furniture kayu rumah.

 

6. Tepung maizena

Tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan baku adonan kue, tepung maizena juga dapat digunakan untuk membersihkan kayu, lho! Cukup taburkan tepung maizena pada permukaan furniture yang ingin dibersihkan. Cara ini dilakukan untuk membersihkan bekas telapak tangan yang menempel pada kayu. Jangan lup,a segera bersihkan kembali maizena setelah selesai digunakan.

 

7. Mayones

Mungkin Anda biasa menggunakan mayones sebagai pelengkap salad, namun mayones ternyata juga dapat digunakan sebagai pembersih furniture kayu, lho! Cukup dengan mengoleskan mayones pada permukaan kayu, dan biarkan dalam beberapa menit sebelum Anda hendak membersihkannya kembali dengan kain basah. Jangan lupa untuk langsung mengeringkan kembali permukaan yang basah tersebut.


 

Pembersih furniture kayu ternyata dapat berasal dari bahan-bahan atau barang-barang yang biasa Anda gunakan setiap harinya. Hal pemberat dalam perawatan kayu justru terletak pada niat dan keuletan Anda untuk membersihkannya secara rutin. Demikianlah pembersih furniture kayu yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

                           

Back