support@radium.co.id 021-2921 8911

Cara Menghentikan Bunyi pada Engsel Pintu

Cara Menghentikan Bunyi pada Engsel Pintu

 

3 Metode: Melumasi dengan Oli Mengoleskan Lilin pada Pin Engsel Menggunakan Sabut Baja untuk Membersihkan Kotoran atau Karat.

 

Pintu yang berdecit akan mengganggu semua orang yang mendengarnya. Masalah ini biasanya disebabkan gesekan antara kayu dengan kayu. Namun, solusinya cukup sederhana karena Anda tinggal melepas engsel dan melumasinya dengan oli. Jika pin engsel sudah dipenuhi karat, sebaiknya Anda turut menggosok engsel dengan sabut baja. Berhati-hatilah saat melepaskan dan memasang kembali pin engsel untuk mencegah rusaknya pintu dan mencederai diri sendiri.

Metode 1

Melumasi dengan Oli

Gambar berjudul Stop Squeaky Door Hinges Step 1

 

1. Coba lumasi engsel tanpa melepaskannya dari pintu. Sebelum mencoba melepaskan pin engsel dari pintu, coba lumasi terlebih dahulu. Anda bisa menyemprotkan oli ke pin engsel tanpa harus melepaskan pintu. Gunakan semprotan berbahan dasar silikon untuk melumasi engsel sebisa mungkin dan cek apakah masalah Anda teratasi sebelum mencoba metode lain.

 

2. Lepaskan pin engsel menggunakan palu dan paku. Tutup pintu dan ketuk pin engsel dengan palu dan paku. Pegang paku di bagian bawah engsel pintu dan ketuk ujung tumpulnya dengan palu. Jangan lupa bahwa paku ini tidak bisa dipakai lagi kemudian. Ketika pin sudah longgar, tarik ke atas dan keluar menggunakan ujung belakang palu atau kepala obeng pipih.

    • Ketika pin engsel sudah dilepaskan, pintu Anda tidak lagi terpasang dengan ambang pintu. Sandarkan pada dinding supaya pintu tidak jatuh.

 

3. Lumuri pin engsel dengan gemuk putih (white grease). Gemuk putih akan membantu Anda melapisi engsel dan mencegah karat. Minyak ini juga tahan lebih lama di engsel tanpa mengering. Tekan kain lap atau tisu dapur di atas bukaan botol minyak dan usapkan secara menyeluruh pada pin engsel.

    • Oli mesin juga dapat menyingkirkan karat ringan.

    • Anda juga dapat menggunakan produk semprot berbahan dasar silikon atau minyak makan.

 

4. Pasangkan pin kembali ke engsel. Pasang kembali pin dengan memasukkannya ke engsel sampai cukup stabil dan bisa dipukul dengan palu dan paku. Buka dan tutup pintu beberapa kali untuk memastikan bahwa suara decit sudah hilang dan pintu terpasang kuat.

    • Jika pintu masih berdecit, mungkin minyak yang diberikan masih kurang. Lumuri ulang engsel pintu dengan minyak (setelah melepaskan pin engsel kembali) sampai suara decit berhenti.

 

5. Usap minyak yang berlebih. Oleh karena minyak adalah cairan pelumas, mungkin ada sebagian yang menetes ke pintu Anda. Minyak ini dapat menimbulkan noda sehingga usaplah minyak yang berlebih dengan kain lap. Oleskan kembali minyak sesuai kebutuhan jika pintu kembali berdecit.

 

Metode 2

Mengoleskan Lilin pada Pin Engsel

Gambar berjudul Stop Squeaky Door Hinges Step 6

1. Beli lilin parafin. Lilin parafin biasanya terkandung dalam lilin biasa, walau Anda bisa membeli bentuk mentahnya di toko kerajinan. Lilin mentah berwarna putih, tidak berbau, dan biasanya dijual dalam kubus kecil atau lempeng yang besar. Jika Anda membeli lilin biasa, cek labelnya untuk memastikan lilin memang mengandung parafin.

    • Anda juga bisa memakai lilin sarang lebah (beeswax), walau produk ini biasanya lebih susah dicari.

    • Lilin parafin tua, bahkan yang tidak memiliki bau dan warna, dapat dipakai untuk melumasi pin engsel.

 

2. Lelehkan lilin menggunakan kompor atau microwave. Jika Anda memiliki kompor listrik, panaskan parafin sampai meleleh sepenuhnya. Kompor gas tidak aman dipakai melelehkan lilin karena jika terlalu panas, uap lilin bisa terbakar. Gunakan microwave untuk memanaskan lilin selama 1 ½-2 menit sampai lilin meleleh dengan merata jika Anda terpaksa menggunakan kompor gas.

    • Gunakan termometer untuk mengukur suhu lilin. Titik leleh lilin parafin biasanya berkisar pada suhu 140°C.

 

3. Celupkan pin engsel pada lilin panas. Lepaskan pin engsel layaknya melumasi dengan oli. Berbeda dengan oli, lilin panas dapat melapisi pin engsel yang sedikit berdebu. Saat mencelupkan pin ke dalam lilin, usahakan lilin melapisi seluruh permukaan pin secara merata.

 

4. Pasangkan pin kembali ke engsel. Tunggu sampai lilinnya dingin supaya tidak menetes dari pin. Biasanya, Anda perlu menunggu 5-10 menit. Tes pintu Anda beberapa kali untuk memastikan suara decit sudah berhenti.

 

5. Lapisi kembali pin engsel dengan lilin sampai decitnya hilang. Terkadang satu lapis lilin parafin belum cukup untuk mengatasi suara decit. Teruskan melapisi pin engsel sampai masalah Anda teratasi. Oleh karena residu lilin lebih tipis dari minyak, Anda tidak perlu mengusap minyak berlebih setelah setiap lapisan.

Metode 3

Menggunakan Sabut Baja untuk Membersihkan Kotoran atau Karat

Gambar berjudul Stop Squeaky Door Hinges Step 111. Gunakan sabut baja jika pin engsel pintu sangat kotor. Jika oli atau lilin belum juga menghentikan suara decit, mungkin pintu Anda terlalu kotor sehingga tidak berfungsi dengan baik. Pelumas tidak membersihkan kotoran, karat, atau minyak. Periksa engsel ANda dengan teliti. Jika ada perubahan warna atau dilapisi kotoran berminyak, coba gunakan sabut baja terlebih dahulu.

 

2. Lepaskan pin engsel. Setelah pin engsel dilepaskan dan pintu disandarkan, masukkan pin engsel ke wastafel. Siapkan sabut baja sebelum mulai membersihkan pin engsel pintu Anda.

 

3. Gosok pin engsel dengan sabut baja. Sebaiknya gunakan sabut baja yang sangat kasar karena bekerja paling efektif. Bersihkan semua kotoran, karat, atau residu cat. Gosok dengan gerakan melingkar kecil untuk membersihkan bagian yang membandel.

    • Gunakan pembersih rumahan yang diencerkan dan sabut baja untuk membersihkan kotoran dan karat membandel.

 

4. Lapisi pin engsel dengan pelumas. Setelah pin engsel selesai dibersihkan, gunakan minyak atau lilin yang dilelehkan untuk melapisi pin engsel sampai merata. Kalau terpaksa, Anda juga bisa menggunakan sabun cuci piring. Setelah itu, pasang pin kembali ke engsel. Tes pintu Anda beberapa kali untuk memastikan suara decit sudah hilang.

    • Usap sabun cuci atau oli berlebih jika Anda menggunakannya sebagai pelumas.

Tips

  • Jangan gunakan mayones atau minyak salad sebagai pengganti oli mesin. Rumor yang menyatakan bahwa keduanya bisa dipakai sebagai pelumas tidak benar.

  • Buka dan tutup pintu Anda berkali-kali untuk memastikan pelumas mencapai bagian engsel yang sulit dijangkau.

Hal yang Anda Butuhkan

  • Oli mesin (atau WD-40)

  • Lilin parafin

  • Sabut baja

  • Palu

  • Paku

  • Kain lap

 

Back