cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Cara Menghilangkan Karat dengan Bahan-Bahan yang ada di Dapur

Menghilangkan Karat Menggunakan Bahan-bahan yang ada di Dapur

1. Menggunakan Cairan Cuka Putih. Kandungan kimia dalam cuka putih dapat bereaksi untuk menghilangkan karat pada. Rendam benda logam Anda yang berkarat dalam cairan cuka putih selama beberapa jam, lalu angkat dan gosok dengan menggunakan lap atau kain.

  • Jika benda logam Anda terlalu besar, Anda dapat menyiramkan cuka putih pada bagian yang berkarat, atau Anda dapat menuangkan cuka putih pada kain lap terlebih dahulu kemudian gosokan pada bagian logam yang berkarat.
  • Anda dapat menggunakan spons yang berbahan alumunium foil daripada menggunakan spons yang berbahan dasar kawat untuk menggosokan cuka putih pada karat agar hasilnya lebih maksimal.
  • Jika Anda tidak memiliki cuka putih, Anda juga dapat menggunakan cuka biasa untuk menghilangkan karat. Caranya, rendam logam yang berkarat dalam cairan cuka selama 24 jam, lalu gosok dengan menggunakan kain lap atau spons alumunium foil.

 

2. Menggunakan air campuran garam dan jeruk atau lemon. Campuran garam dengan jeruk atau lemon juga dapat Anda gunakan untuk menghilangkan karat dari benda loga Anda. Gunakan air campuran garam dengan jeruk atau lemon tadi pada bagian logam yang berkarat, dan biarkan selama 2-3 jam, lalu kemudian gosok dengan menggunakan kain lap atau spons alumunium foil.

  • Anda juga dapat menggunakan kulit lemon untuk menghilangkan karat pada benda logam Anda.
  • Lemon akan memberikan hasil yang lebih baik daripada jeruk.

3. Menggunakan pasta yang terbuat dari baking soda. Campurkan baking soda dengan air hingga mengental, kemudian balurkan pada bagian logam yang berkarat. Biarkan selama beberapa saat kemudian gosok dengan menggunakan kain lap atau spons alumunium foil.

  • Anda dapat mencoba untuk menggunakan sikat gigi untuk menggosok pasta tadi pada logam yang berkarat, lalu bilas dengan air.
  • Tidak ada takaran khusus untuk campuran baking soda ini, semuanya tergantung pada Anda.

4. Menggunakan kentang dan sabun cuci piring. Potong kentang menjadi dua bagian, lalu olesi dengan sabun cuci piring. Campuran ini akan menimbulkan reaksi kimia untuk mengangkat karat lebih mudah dari benda logam Anda. Oleskan campuran kentang dan sabun cuci piring ini pada benda logam Anda yang berkarat. Biarkan selama beberapa saat lalu gosok dengan menggunakan kain lap atau spons kawat.

  • Ulangi proses yang sama untuk menghilangkan karat yang masih tersisa.
  • Jika Anda tidak memiliki sabun cuci piring, Anda dapat menggunakan campuran baking soda dan air untuk hasil lebih baik.

 

5. Menggunakan asam oksalat. Jika Anda menggunakan asam oksalat, pastikan untuk menggunakan sarung tangan karet dan juga gunakan kacamata dan pakaian pelindung. Jangan enyalakan api didekat cairan ini. Jangan mengirup asam oksalat secara langsung.

  • Cuci dengan air terlebih dahulu logam yang ingin Anda hilangkan karatnya, lalu biarkan hingga kering.
  • Campurkan sekitar 25ml asam oksalat dengan air hangat sebanyak 250ml.
  • Rendam benda logam Anda sekitar 20 menit sambil menyikatnya dengan menggunakan kain lap atau spons kawat, atau dengan menggunakan sikat kawat.
  • Setelah karat benar-benar hilang, bilas dengan menggunakan air, lalu keringkan.

 

Selamat mencoba dan mempraktekan di rumah ya Guys,,

 

 

Back
Whatsapp