cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Cara Mudah Membuka Mur/Baut yang Rusak, Tumpul, dan Karatan

Cara Mudah Membuka Mur/Baut yang Rusak, Tumpul, dan Karatan

Bagaimana cara membuka mur dan baut yang rusak? Profesi Anda sebagai pekerja bangunan seringkali menuntut Anda untuk menyatukan dua material menjadi satu. Benda ini disatukan dengan benda lainnya menggunakan sebuah alat bantu. Anda bisa memanfaatkan lem, paku, sekrup, atau mur dan baut. Kami sudah pernah mencoba menjelaskan panduan pemasangan masing-masing dari alat bantu tersebut. Jadi kami rasa Anda semua sudah bisa melakukannya sendiri dengan baik dan benar.

Kali ini kita akan membahas khusus tentang Mur dan Baut saja. Perlu Anda ketahui, mur selalu berpasangan dengan baut. Mur berfungsi untuk menahan posisi suatu benda dan baut akan mengunci mur tersebut supaya tidak terlepas dari posisinya. Mur memiliki bentuk yang mirip sekali dengan sekrup. Bedanya adalah mur memiliki ujung yang datar, sedangkan ujung sekrup bersudut lancip. Perbedaan lainnya terletak pada alat yang digunakan untuk membuka serta melepaskannya. Mur/baut menggunakan kunci dan sekrup memakai obeng.

Sebenarnya proses pemasangan mur dan baut ini mudah sekali. Begitu pula dengan tata cara melepaskannya tidak kalah gampangnya. Anda tinggal memutar baut memakai kunci yang pas dengan gerakan berlawanan arah jarum jam, maka terlepaslah baut dan mur tersebut dari tempatnya. Namun bakal menjadi masalah yang sangat serius manakala mur atau baut yang akan dilepaskan ini sudah dalam kondisi yang rusak. Anda akan mengalami kesulitan besar karena mur/baut tersebut sama sekali tidak bisa diputar.

Kami akan mencoba berbagai tips mengatasi mur/baut yang rusak agar bisa dilepaskan dari posisinya.

BAUT YANG GUNDUL

Cara melepaskan baut yang sudah gundul adalah sebagai berikut :

  • Pakailah kunci ring atau kunci sok yang mempunyai penampang segi enam. Usahakan jangan menggunakan kunci yang mempunyai gerigi.
  • Apabila memungkinkan, sambunglah kunci tersebut dengan obeng supaya ukurannya menjadi lebih panjang sehingga mudah digunakan.
  • Pasanglah kunci pada baut yang sudah gundul tersebut. Pukul beberapa kali memakai martil agar lubang kunci bisa melesak masuk dan mencengkeram baut.
  • Khusus untuk baut yang kondisinya sudah terlalu kelas, Anda bisa memukul kepala baut tersebut sehingga bisa dicengkeram oleh kunci ring.
  • Kini waktunya Anda mencoba menggerakkan kunci berlawanan arah jarum jam. Berikan tekanan secara perlahan-lahan agar baut bisa sedikit berputar.
  • Jika Anda sudah berhasil memutar posisi baut sedikit saja artinya trik ini sukses dilakukan. Silakan lanjutkan perjuangan Anda.

MUR SUDAH KARATAN

Berikut ini cara membuka mur yang sudah karatan yaitu :

  • Apabila kondisi mur yang sudah karatan ini kotor karena tertutupi oleh partikel-partikel debu, Anda bisa menyikat permukaannya terlebih dahulu.
  • Oleskan minyak rem ke bagian kepala mur tersebut. Lalu sedikit demi sedikit Anda bisa mengoleskan minyak rem ini ke bagian tubuh mur melalui celah-celahnya.
  • Biarkan selama beberapa saat agar minyak rem meresap masuk dan melumasi seluruh bagian mur. Anda bisa menunggu selama 15-30 menit.
  • Sekarang Anda bisa mencoba melepaskan mur ini menggunakan kunci yang sesuai. Lakukan gerakan bolak-balik dengan sedikit hentakan.
  • Hati-hati saat memutar mur tersebut agar tidak membuatnya menjadi gundul. Sekali saja Anda berhasil menggerakkan mur ini, maka selanjutnya akan mudah.

BAUT TIDAK KELUAR

Di bawah ini langkah-langkah mengatasi baut yang tidak mau keluar dari mur :

  • Siapkan obeng minus yang penampang ujungnya berukuran tipis sekali. Obeng ini akan sangat membantu Anda dalam mengangkat baut.
  • Masukkan ujung obeng tersebut di sela-sela antara baut dan permukaan benda. Anda bisa mencongkelnya secara paksa supaya baut agak terangkat.
  • Tahan posisi obeng minus agar tetap mencongkel baut. Kemudian gunakan kunci ring untuk memutar baut dengan gerakan berlawanan arah jarum jam.

MUR TERLALU KERAS

Masalah mur yang terlalu keras sehingga sulit dilepaskan bisa diatasi dengan trik berikut :

  • Siapkan obeng ketok yang kokoh. Jika tidak punya, Anda juga bisa menggunakan obeng plus sebagai alternatifnya.
  • Posisikan obeng tersebut menancap di kepala mur. Lalu pukul obeng ini menggunakan palu agar posisi mur lebih menancap ke dalam.
  • Selanjutnya Anda bisa membuka mur tadi lebih mudah. Silakan putarlah mur tersebut berlawanan arah jarum jam dengan sedikit hentakan.

 

Back
Whatsapp