cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Tips Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Menguning, Buram & Bergores

 

Tips Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Menguning, Buram & Bergores

                Asal tahu caranya kaca lampu mobil yang menguning atau buram bisa dibersihkan sendiri di rumah. Sebelum memulai membersihkan lampu kaca mobil sendiri, telitilah penyebab kekuningan atau buram pada lampu mobil Anda.

Lampu mobil merupakan bagian komponen yang sangat penting. Namun seiring waktu, pastinya lampu mobil Anda mulai buram dan kusam ataupun berwarna kekuningan. Ini tentu mengurangi penampilan dan cahaya yang keluar menjadi kurang terang. Untuk itu, kumpulancara kali ini akan menyajikan langkah-langkah dalam cara membersihkan kaca lampu mobil yang kuning, buram ataupun kusam. Anda juga perlu tahu cara menghilangkan goresan.

Asal tahu caranya kaca lampu mobil yang menguning atau buram bisa dibersihkan sendiri di rumah. Sebelum memulai membersihkan lampu kaca mobil sendiri, telitilah penyebab kekuningan atau buram pada lampu mobil Anda. Apakah karena debu, kotoran atau karena ada goresan. Bila hanya karena debu dan kotoran, maka yang perlu dilakukan hanyalah pembersihan tahap pertama. Tapi bila kekuningan lampu mobil adalah karena goresan maka perlu melakukan tahap 2 dan 3.

Peralatan dan bahan Untuk Membersihkan Kaca Lampu Mobil:

  • Kanebo ataupun lap microfiber.
  • Shampoo atau sabun cuci khusus mobil
  • Air hangat
  • Air campuran alkohol
  • Amplas nomor 1500 dan 2000.   ( Belanja Online di www.klikmjm.com )
  • Odol atau kompon (bahan khusus untuk mengikis goresan di kaca).


CARA MEMBERSIHKAN KACA LAMPU MOBIL YANG KUNING DAN BURAM:

1. Membersihkan tahap Pertama

  • Pada tahap ini cucilah lampu mobil Anda. Gunakan air hangat dan shampoo atau sabun mobil. Cuci hingga bersih. Setelah itu lap dengan kanebo.
  • Periksa apakah lampu mobil masih kekuningan. Jika masih ada buram atau kekuningan, maka lanjut ke tahap kedua.


BACA JUGA :

Penyebab Karatnya Engsel di Furniture Rumah

Pengertian Engsel, Fungsi dan Jenisnya

 

2. Membersihkan Lampu Mobil Dengan Amplas

  • Setelah dibersihkan seperti tahap pertama, Anda bisa mulai mengamplas lampu mobil menggunakan Amplas nomor 1500 dan 2000. Bersihkan lagi lampu mobil Anda dengan air dan alkohol lalu bilas bersih.
  • Selanjutnya basahi amplas kemudian gunakan untuk mengamplas kaca lampu mobil Anda. Pertama gunakan Amplas yang lebih kasar, kemudian ganti dengan lebih halus. Lakukan pengamplasan hingga kaca lampu terlihat cukup bersih. Sebagai antisipasi, lindungilah daerah sekitar lampu dengan kain agar tidak tergores oleh Amplas. Bisa juga dengan melepas kaca plastik lampu agar lebih leluasa membersihkannya.  ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

3. Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Buram Dengan Kompon Maupun Pasta Gigi.

  • Setelah diamplas oleskanlah odol secara merata pada permukaan kaca lampu mobil. Bisa juga Anda gunakan kompon. Kompon (compound) sendiri merupakan bahan yang bersifat mengikis cat mobil. Fungsinya memang untuk menyamarkan baret-baret halus hingga sedang. Sengan demikian baret ataupun lecet pada mobil atau kaca lampu akan akan tertutupi.
  • Khusus membersihkan kaca lampu mobil menggunakan kompon, sebaiknya sangat berhati-hati dan tidak terlalu menekan karena sifat mengikisnya sangat kuat.
  • Setelah diolesi odol ataupun kompon, Anda bisa mengelap kaca lampu dengan kanebo. Kemudian bilaslah dengan air bersih lalu keringkan.
  • Nah, terakhir Anda bisa mengecek apakah kaca lampu mobil masih buram atau tidak. Coba nyalakan lampu dan sorotkan kea rah tembok. Lihat apakah ada perubahan positif atau belum. Jika kurang puas, Anda dapat mengulangi langkah ketiga diatas.

Itulah tiga tahap dalam cara membersihkan kaca lampu mobil yang kuning, buram dan kusam. Dilengkapi dengan penanganan gores menggunakan odol dan kompond. Semoga bermanfaat. Jangan enggan berbagi info kepada sesama dengan menyebar artikel di blog ini kepada komunitas Anda.

 

BACA JUGA :

Tips Menggunakan Mesin Amplas

Cara Membuat Lemari Dari Bahan Triplek

Rel Laci Untuk Furniture Kayu 

 

Back
Whatsapp