cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Tips Mengamplas Kayu Secara Manual

Tips Mengamplas Kayu Secara Manual

Dalam proses penggunaan kayu, tentunya kayu akan dilakukan pemprosesan terlebih dahulu. Baik pembersihan maupun penghalusan harus dilakukan agar kayu menjadi lebih awet dan mudah dilakukan proses selanjutnya. Salah satu proses yang wajib dilakukan adalah proses pengamplasan kayu. Dalam praktenya, proses pengamplasan kayu ini dilakukan pada semua jenis kayu yang akan digunakan, baik nantinya akan digunakan untuk keperluan apapun. Dalam proses pengamplasan, ada berbagai ukuran Amplas yang digunakan, mulai dari yang halus hingga yang sangat kasar. Jenisnya pun bisa manual atau dengan menggunakan mesin. Untuk proses dengan mesin akan sangat mudah, sedangkan untuk proses manual maka akan membutukan sedikit teknik yang tidak bisa sembarangan. ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

Berikut adalah proses Amplas kayu secara manual.

1. Langkah yang pertama adalah memilih ukuran Amplas yang tepat. untuk kayu yang belum diserut maka bisa menggunakan Amplas berukuran 40 dan dilanjutkan dengan Amplas ukuran 80 jika sudah terlihat lebih halus, sementara untuk kayu yang sudah diserut, kita bisa menggunakan Amplas dengan ukuran 80 tanpa didahului dengan ukuran 40( Belanja Online di www.klikmjm.com )

2. Untuk memudahkan proses pengamplasan, kita sebaiknya menambahkan pegangan pada Amplas sehingga menjadi lebih mudah dalam penggunaannya.

3. Dalam proses pengamplasan, kita hanya boleh menggunakan tekanan yang tidak terlalu besar sehingga tenaga kita tidak langsung habis. Sedangkan arah gerakan adalah satu arah yang diulang – ulang.

 

BACA JUGA :

Tips Menggunakan Mesin Amplas

Tips Cara Membersihkan Kaca Mobil Yang Menguning, Buram dan Gores

 

4. Untuk kayu yang memiliki bentuk yang lurus, kita dapat dengan mudah melakukan pengamplasan ini. tetapi jika kayu tersebut memiliki permukaan yang bergelombang atau berukir maka kita harus membaut potongan Amplas yang kecil dan menggunakan jari telunjuk atau dua jari untuk memberikan tekanan pada Amplas tersebut sehingga detailnya lebih halus. ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

Tips Mengamplas Kayu Secara Manual

Dalam melakukan pengamplasan, kita harus melakukan pengamplasan dengan arah gerakan yang searah dan berulang – ulang. Hal ini dilakukan agar hasilnya menjadi lebih halus. Sedangkan kayu yang sudah selesai diamplas akan memiliki permukaan yang halus dan juga sedikit mengkilap sehingga serat kayu akan terlihat lebih jelas dan saat dilakukan proses finishing, prosesnya tidak akan memakan waktu yang lebih lama.

Back
Whatsapp