cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Tips Cara Mendempul Kayu Agar Halus

Tips Cara Mendempul Kayu Agar Halus

Baca Juga :

 

Cara Mendempul Kayu Agar Halus
Dapatkan kunci keberhasilan cara mendempul kayu yang baik mulai dari teknik pengamplasan, jenis Amplas dan pemilihan dempul kayu yang bagus.

Dempul adalah produk yang digunakan untuk mengisi bagain cacat material baik itu serat alam seperti layu, logam, atau material lainnya. Semua material pasti memiliki cat tekstur yang nentinya akan menurunkan nilai estetik penampilan material tersebut. Misalnya saja furniture dari kayu yang memiliki permukaan tidak rata atau kasar. Dempul akan meratakan permukaan tersebut dengan baik. Cara mendempul kayu harus dilakukan dengan baik agar tercipta permukaan furniture yang halus dan rata.

  • Berikut ini tips yang bisa Anda ikuti:

1. Cara Mendempul Kayu Agar Halus Pilih jenis amplas yang sesuai untuk dempul. Untuk menghasilkan permukaan yang halus pada furniture maka Anda bisa memilih jenis Amplas yang halus. Amplas yang bagus adalah Amplas Alumunium Oxide no. 240.    ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

2. Cara aplikasi dempul tidak boleh terlalu tebal karena nanti akan mempengaruhi permukaan yang tidak rata, menghabiskan waktu dan juga boros dempul. Ini juga akan berkibat dempul yang tidak masuk ke dalam pori-pori kayu. Pastikan Anda memberikan dempul secara tipis-tipis saja karena pengerjaannya bisa diulangi jika cacat tekstur masih banyak.

3. Untuk teknik pengamplasan sendiri gunakan balok kayu yang dibalut dengan Amplas. Ini akan memberpikan permukaan yang rata. Jika Anda menggunakan jari bisa saja penekanannya tidak sama maka permukaan pasti tidak rata.

4. Untuk produk dempul ada banyak sekali, pilih sesuai dengan kebutuhan dempul kayu, dempul untuk logam dan dempul untuk dinding. Untuk dempul kayu sendiri Anda bisa memilih Water Based yang aman tanpa bahan kimia berbahaya.

Amplas Roll Radium, Grit : 40, 60, 80, 100, 120, 150, 180, 240, 320, 400

 

  • Lakukan Langkah-Langkah Cara Mendempul Kayu

Cara Mendempul Kayu kayu Anda bisa langsung menerapkan cara mendempul kayu sesuai tips di atas dengan langkah mudah yang ada dalam petunjuk yang ada pada kemasan dempul. Berikut ini cara termudah menggunakan Water Based untuk furniture kayu:

1. Pastikan permukaan material kayu harus bersih kering dan sudah halus. Jika permukaan masih kasar atau bahkan Anda akan melakukan proses recoating maka Amplas seluruh permukaan material dengan Amplas Kasar no 180. Bersihkan serbuk Amplas agar tidak menempel ketika proses pendempulan dan mengganggu proses dempul mengisi pori-pori kayu.   ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

2. Ambil Water Based dengan pisau scrape ke seluruh permukaan secara rata, ingat lakukan tipis-tipis saja. Tunggu kering tanpa dijemur sekitar 20 menit saja dan Amplas dengan kertas Amplas no. 240.    ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

3. Jika sudah terlihat serat kayu akan tetapi masih banyak lubang yang harus diisi, aplikasikan kembali dempul dengan pisau scrape dan lakukan langkah di atas sekali lagi. Jika sudah kering dan selesai di Amplas, material kayu sudah siap untuk langkah selanjutnya atau pewarnaan.

Baca Juga :

Back
Whatsapp