cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Fungsi Amplas Basah ( Kertas Pasir ) Untuk Furniture Kayu

Lama kelamaan furniture kayu bisa terlihat semakin kusam. Namun, Anda bisa membuatnya kembali halus dan mengkilap dengan menggunakan Amplas. Prinsip utamanya adalah menghilangkan cacat kayu, seperti noda pada kayu sebersih mungkin. Pengamplasan dilakukan untuk mengikis permukaan kayu yang tampak kurang sedap dipandang.

Pada umumnya, Amplas Kering digunakan untuk menggosok permukaan perabotan kayu. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin menggunakan Amplas Basah untuk mengkilapkan furniture kayu lama Anda. Untuk melakukan pekerjaan ini, Anda membutuhkan sarung tangan karet. Selain itu, perlu diketahui bahwa pengamplasan basah akan membutuhkan banyak waktu. Meskipun pengamplasan basah tidak menimbulkan debu yang beterbangan, kotoran furniture hasil pengamplasan tetap ada dan ini pun dapat mengotori pakaian Anda.

  • Pengamplasan Bertahap

Nah, sebelum melakukan pengamplasan basah, pastikan Anda telah menyiapkan seember air dan beberapa amplas kayu dengan tingkat kekasaran yang berbeda untuk mempermudah pekerjaan Anda. Kebanyakan orang berpikir bahwa dengan menggunakan amplas paling halus akan mendapatkan permukaan kayu yang baik pula. Ini tidak benar karena sesungguhnya lebih baik pengamplasan dilakukan secara bertahap berdasarkan grit (tingkat kekasaran) Amplas. Beberapa jenis Amplas dibuat berdasarkan jenis material, misalnya ada amplas yang khusus dibuat untuk kayu yang keras. Pilihlah Amplas yang partikelnya tidak mudah rontok.

Untuk tahap awal, Anda bisa menggunakan Amplas dengan grit 400-500. Gosok-gosokkan Amplas yang telah dibasahi air ke atas permukaan furniture secara merata. Ketika Amplas menjadi kering, celupkan kembali ke dalam air hingga basah. Selanjutnya, jangan lupa membersihkan kotoran hasil pengamplasan dari permukaan furniture.

Kemudian untuk tahap kedua, gunakan amplas grit 600 yang juga telah dibasahi air dan bersihkan pula setiap kotoran yang tertinggal di atas permukaan mebel. Lalu biarkan hingga benar-benar kering, setidaknya semalam. Keesokan harinya gunakan Amplas Basah dengan grit 1000 lalu tahap selanjutnya gunakan amplas basah dengan grit 1500-2000. Setelah pengamplasan selesai, Anda perlu segera melakukan finishing ke atas permukaan furniture. Nah, dengan demikian furniture lama Anda akan terlihat seperti baru kembali.

Amplas / Kertas Pasir / Kertas Gosok yang sesuai dengan pekerjaan diaras adalah Amplas dari RADIUM Tersedia semua Grit dan Jenis Amplas hanya di www.klikmjm.com .

Back
Whatsapp