cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Tips Mengasah Gunting Yang Tumpul

Tips Cara Mengasah Gunting

Lama-kelamaan, mata pisau pada gunting yang digunakan terus-menerus akan semakin berkurang ketajamannya dibanding saat pertama kali Anda beli, hingga akhirnya menjadi tumpul. Jika Anda kesulitan memotong sesuatu dengan gunting yang tumpul, Anda mungkin ingin membeli yang baru karena harga gunting biasanya tidak terlalu mahal. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengasah gunting di rumah mengunakan beberapa peralatan rumah tangga biasa, serta sedikit latihan! 

Hal yang Anda Butuhkan :

Berikut cara-cara yang bisa mengembalikan ketajaman gunting :

Menggunakan Ampelas

1. Siapkan selembar amplasKertas ampelas dengan nomor grit 150-200 bisa Anda gunakan, walaupun Anda bisa memilih amplas yang lebih halus lagi (dengan nomor grit yang lebih besar) jika ingin mendapatkan hasil mata pisau yang lebih halus. Lipat amplas menjadi separuhnya, dengan bagian yang kasar menghadap ke arah luar.  ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

  • Arahkan sisi kasar amplas menghadap ke luar, sehingga dapat bersinggungan dengan kedua mata pisau gunting saat memotongnya.

2. Potong amplas. Potong amplas menjadi lembaran panjang, sekitar 10-20 kali. Kedua mata pisau gunting akan terasah setiap kali memotong ampelas. Buat potongan memanjang dari dasar hingga ujung mata pisau gunting.

  • Memotong amplas cocok digunakan untuk mengasah mata pisau gunting yang belum terlalu tumpul, namun perlu sedikit diasah.
  • Amplas juga bisa menghaluskan cekungan atau goresan pada mata pisau. Bahan yang bisa digunakan sebagai pengganti ampelas untuk digunting adalah kain pengikir dan kawat halus. 

3. Bersihkan gunting. Bersihkan mata pisau gunting menggunakan tisu lembap untuk menyingkirkan butiran amplas yang mungkin menempel di permukaannya saat mengasah.


Menggunakan Aluminium Foil

1. Siapkan selembar kertas aluminium foil. Siapkan selembar kertas aluminium foil sepanjang 20-25 cm, dan lipat sama panjang beberapa kali, sehingga membentuk lipatan foil yang tebal.

  • Lapisan-lapisan pada aluminium foil akan membantu mengasah mata pisau setiap kali gunting digunakan untuk memotongnya.

2. Potong aluminium foil. Potong lembaran aluminium foil menggunakan gunting hingga seluruhnya terpisah. Gunakan seluruh mata pisau gunting saat memotong dimulai dari dasar hingga ke ujungnya.

  • Anda bisa mengasah mata pisau gunting dengan memotong banyak (lipatan tipis) atau sedikit (lipatan tebal) lembaran aluminium foil, bergantung pada ketebalan lembaran yang Anda potong.

3. Bersihkan gunting. Bersihkan mata pisau gunting dengan tisu yang dibasahi air hangat. Gunting perlu dibersihkan untuk menyingkirkan serpihan aluminium yang mungkin menempel di mata pisau saat Anda menggunakannya untuk memotong.


Menggunakan Batu Asah

1. Siapkan batu asah. Batu asah bisa Anda beli di sebagian besar toko perkakas, dan bisa digunakan untuk mengasah mata pisau apa pun yang Anda punya. Batu asah biasanya mempunyai dua sisi untuk mengasah mata pisau, yaitu sisi yang lebih kasar dan sisi yang lebih halus. 

  • Jika mata pisau gunting Anda sangat tumpul, Anda bisa mulai mengasahnya di sisi batu yang lebih kasar, kemudian menggunakan sisi yang lebih halus untuk menuntaskan mengasahnya.
  • Jika gunting Anda hanya perlu sedikit dipertajam, Anda hanya perlu menggunakan sisi batu yang lebih halus.

2. Persiapan mengasah. Letakkan handuk di bawah batu asah dan basahi dengan air atau minyak asah.

  • Toko perkakas menjual minyak asah di bagian yang sama dengan batu asah, tetapi minyak apa pun atau bahkan air bisa Anda gunakan sebagai penggantinya.

3. Bongkar gunting Anda. Lepaskan baut yang menyatukan kedua mata pisau gunting. Setelah itu, Anda bisa mengasah mata pisau gunting satu persatu, sehingga lebih leluasa saat melakukannya.

  • Sering kali, ukuran obeng minus cocok dengan ujung baut sehingga dapat digunakan untuk melepaskan mata pisau gunting dari satu sama lain.

4. Asah sisi dalam mata pisau gunting. Letakkan sisi dalam (sisi yang datar dan terletak di bagian dalam gunting yang menyentuh benda yang Anda potong, serta berhadapan dengan bagian dalam mata pisau yang lainnya) mata pisau gunting menempel di atas batu asah, menghadap ke bawah. Anda harus berusaha menciptakan satu sudut tajam antara mata pisau bagian dalam (bagian yang sekarang Anda asah), dan ujung mata pisau (tepi atas sisi bagian dalam mata pisau). Tempat kedua ujung tersebut bertemu adalah bagian yang harus diasah untuk memotong sesuatu. Genggam pegangan mata pisau dan perlahan-lahan tarik mata pisau di atas batu asah mendekati Anda dengan mempertahankan ujung mata pisau tetap menempel di atas batu asah. 

  • Ulangi langkah ini perlahan-lahan dengan hati-hati hingga mata pisau Anda tajam. Anda mungkin perlu menarik batu asah sebanyak 10-20 kali.
  • Ulangi langkah ini pada mata pisau gunting yang lain. Anda sebaiknya mencoba berlatih mengasah gunting lama hingga menguasai cara mengasah mata pisau.

5. Asah ujung pemotong mata pisau. Genggam pegangan mata pisau gunting, dan miringkan mata pisau mendekati Anda hingga ujung pemotongnya (ujung yang miring dan berhimpitan dengan sisi dalam) menempel di atas batu asah secara mendatar. Dalam posisi mata pisau horizontal terhadap Anda, tarik mata pisau di atas batu mendekati Anda, dengan mempertahankan ujung yang miring tetap menempel pada batu asah. Sesuaikan sudutnya sebisa mungkin, dan teruskan dengan menggeser mata pisau ke depan. Ulangi langkah ini dengan hati-hati hingga mata pisau Anda tajam.

  • Jika Anda mulai mengasah di sisi batu yang kasar, tuntaskan dengan menggosokkan mata pisau beberapa kali di sisi batu yang halus untuk mendapatkan ujung mata pisau yang halus.
  • Jika Anda belum pernah mengasah gunting dengan cara seperti ini, Anda mungkin kesulitan menentukan mata pisau yang telah tajam. Pertimbangkan cara ini: sebelum Anda mulai mengasah, tandai ujung mata pisau dengan spidol permanen. Kemudian asah mata pisau tersebut, dan setelah tanda spidol yang Anda buat mengelupas, berarti Anda berhasil.

6. Buang potongan logam dari mata pisau. Setelah Anda mengasah gunting, mungkin ada potongan logam yang menempel di sepanjang mata pisau. Potongan logam ini bisa disingkirkan dengan mudah dengan memasangkan gunting kemudian membuka dan menutupnya beberapa kali. Setelah itu, gunakan gunting untuk memotong benda yang terbuat dari kertas, karton, atau kain. Dengan begitu, potongan logam yang masih terisisa akan terlepas dari mata pisau.

Jika gunting sudah cukup tajam untuk kebutuhan Anda, berarti Anda sudah selesai. Namun jika Anda membutuhkan gunting yang lebih tajam, ulangi kembali cara mengasah di atas.

7. Bersihkan gunting. Gunakan tisu lembap untuk mengelap mata pisau gunting sekaligus membersihkannya dari serpihan batu asah yang mungkin menempel di sana saat Anda mengasahnya.


Menggunakan Stoples Kaca


1. Tempelkan mata pisau gunting ke sekeliling stoples. Buka gunting selebar mungkin dan letakkan mata pisaunya menempel ke sisi stoples.

  • Letakkan stoples di bukaan terlebar kedua mata pisau. Pegang stoples dengan satu tangan, dan gunting dengan tangan Anda yang lain.


2. Potong stoples. Tekan gunting merapat dan geserkan stoples di antara kedua mata pisau gunting. Cara ini mirip seperti saat Anda memotong kertas atau kain menggunakan gunting. Tekan sedikit saja untuk merapatkan mata pisau gunting, biarkan kaca stoples mengasahnya.

  • Ulangi langkah ini hingga mata pisau gunting halus dan tajam.
  • Pastikan untuk menggunakan stoples yang sudah tidak Anda gunakan, karena mata pisau gunting mungkin akan meninggalkan goresan di permukaannya.

3. Bersihkan gunting. Usapkan tisu lembap ke mata pisau gunting untuk menyingkirkan pecahan kecil kaca yang mungkin menempel di sana saat Anda memotong stoples.


Menggunakan Obeng



1. Siapkan obeng. Cara ini dilakukan mengikuti prinsip yang sama dengan penggunaan stoples untuk mengasah gunting, hanya saja, dengan alat yang berukuran lebih kecil. ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

2. Tekan gunting merapat, dan geser obeng di antara kedua mata pisau yang merapat. Caranya sama seperti saat Anda memotong kertas atau kain. Tekan gunting sedikit saja hingga merapat, dan biarkan obeng mengasahnya.

  • Ulangi langkah ini hingga mata pisau Anda halus dan tajam.


3. Bersihkan gunting. Usapkan tisu lembap ke mata pisau gunting untuk menyingkirkan serpihan logam yang mungkin menempel di sana saat memotong obeng.

Back
Whatsapp