support@radium.co.id 021-2921 8911

Tips Membersihkan Kerak diToilet Dengan Menggunakan Amplas

Tau nggak, gimana cara bersihin noda (kadang kita menyebutnya dengan kerak air, atau water rings dalam Bahasa Inggris) yang susaaaah banget dibersihin di toilet bowl, wastafel, atau bath tub?

Dari dulu banget, saya selalu bersihin wastafel dan toilet bowl dengan segala rupa dan segala judul pembersih. Hampir semua merk udah pernah saya coba. Hasilnya? Bersih. Tapiiiii makin lama warna porselen atau keramik si toilet bowl ini makin kusam, kecoklatan seperti karat pada logam. Coklat jelek menjijikkan gitu deh.

Tiap kali nanya sama temen, dengan patuh kemudian saya coba merk pembersih yang mereka sarankan. Dan setiap kali itu pula saya kecewa. Karena pembersih merk apa pun yang saya coba, hasilnya ya gitu-gitu doang. Bersih. Tapi gak ada satu pun yang bisa ngilangin warna kuning kecoklatan yang kayaknya telanjur melekat di toilet bowl.

Saya juga pernah mencoba bersihin toilet pakai soda kue, minuman ringan karena –katanya– sifatnya korosif, seperti pernah viral waktu itu. Bersih? CIH! Gak ngefek sama sekali.

Tadinya saya pikir karena klosetnya juga udah cukup tua, ya wajar kalo warnanya udah gak putih lagi, dan mustahil bisa balik ke warna putih kinclong lagi.

Sampai suatu hari, pas lagi buka-buka Pinterest, saya nemu pin yang isinya tips membersihkan water rings. Aha! Sepertinya harus dicoba nih, pikir saya waktu itu.

Kemarin, hampir setahun setelah saya nemu artikel itu lewat Pinterest, karena udah gak tahan dengan toilet yang makin coklat kusam menjijikkan, akhirnya saya coba tips bersihin water rings membandel. Tapi karena pernah ada yang ngasih tahu bahwa bersihin noda bandel toilet bisa pake amplas yang teksturnya paling halus, maka saya putuskan untuk mencoba dua-duanya. Jadi kemaren saya beli batu apung dan 2 jenis amplas.

Hasilnya udah lihat di foto, kan?

Nah, kalau wastafel, toilet bowl, atau bath tub di rumah udah tua dan warnanya udah jelek, gak perlu buru-buru memutuskan untuk beli yang baru. Karena dengan 2 alat yang sederhana dan murah ini, saya udah buktiin bahwa warna toilet bisa kembali cling kinclong seperti baru!

Jadi apa aja yang dibutuhkan untuk bersihin water rings/kerak air dan noda membandel di toilet?

1.Batu Apung

batu apung
batu apung

Saya beli di Ace Hardware sekitar Rp 70 ribuan. Ada yang bergagang, tapi kemaren adanya yang ini, jadi ya udah saya beli aja yang ini.

2. Amplas

amplas, beli di toko bahan bangunan
Kertas Amplas - RADIUM

Saya pakai 2 macam Kertas Amplas. yang teksturnya paling halus, dan satu lagi yang teksturnya sedikit lebih kasar. Untuk mendapatkan Kertas Amplas yang berkualitas, bisa langsung dibeli di www.klikmjm.com

3. Sarung tangan karet

sarung tangan karet
sarung tangan karet

Gak perlu dijelasin kan, yak?

4. Masker

Bisa pake masker atau apapun untuk menutup mulut dan hidung. Bukan supaya gak bau, tapi untuk mengindari debu/kerak dari toilet masuk ke hidung, karena percayalah, selama proses pembersihan berlangsung (((BERLANGSUNG))), akan banyak debu beterbangan. Dan itu kan jijik yah? Hhahaha

Nah, kalau perlengkapan lenong udah lengkap, sarung tangan dan masker udah dipake, langsung aja gosokkan amplas/batu apung ke permukaan toilet bowl. Dengan sedikit tenaga, pelan-pelan kerak air akan terkikis, dan permukaan porselen toilet akan memunculkan warna aslinya.

Ini foto waktu pekerjaan saya baru setengah jalan. Lihat bedanya deh! Bagian yang belum dibersihin kayak gitu wujudnya.

toilet1

Daaaaan setelah semua bagian dibersihkan…

dan ini hasil akhirnya
begini hasil akhirnya!

Seneng banget gak perlu beli toilet bowl baru, hahaha. Tadinya kepikiran apa udah waktunya renovasi kamar mandi juga ya? Eh ternyata cuma dengan alat yang sederhana dan murah, toilet bowl saya kelihatan baru lagi.

Buat yang kebetulan punya masalah yang sama, silakan dicoba di rumah, ya.. Semoga tulisan ini membantu.

Back