support@radium.co.id 021-2921 8911

Tips Cara Merawat Pintu Sliding atau Geser

               Perlengkapan interior rumah dengan model pintu sliding door ( pintu Geser ) memang sedang menjadi sebuah produk dengan menggunakan fungsi yang banyak diminati konsumen saat ini, tampilan yang modern minimalis menjadi solusi pada desain ruang, apalagi posisi pada ruang rumah yang mempunyai lahan sempit bisa diatasi dengan penempatan produk seperti ini.

Berbeda halnya dibanding yang mengunakan pintu konvesional, namun pintu geser membutuhkan komponen yang lebih banyak, kerumitan dan mempunyai perbadingan harga yang lebih tinggi, pada resiko kerusakan dari produk ini lebih sulit diatasi contohnya bila kerusakan pada lemari pakaian pintu sliding bila mengalami kerusakan untuk melakukan reparasi pergantian bisa total seperti mengganti pintu, menganti body nya atau mengganti rel, tentu biayanya akan besar saat melakukan reparasi.

Resiko kerusakan awal memang awalnya pada pintu sliding terasa keadaan seret, bunyi berdecit, bisa juga saat mengeser terasa berat. seiring bertambahnya waktu.

 

Rel Pintu Model Gantung

Untuk mengurangi resiko tersebut dalam perawatan pintu geser bisa dimulai dari mekanisme kondisi rel dan bantalannya ( roda bearing ) pintunya. kedua peranti itu acap menjadi sumber macetnya pergerakan pintu. Aus adalah penyakitnya

 

.

 

Beri Pelumasan pada roda

  • Agar terhindar dari keausan, rel dan bantalan pintu secara rutin bisa anda olesi baik dengan pelumasan, keringnya pelumasan dan sering digeser nya pada pintu menyebabkan kedua piranti itu biasanya ditandai dengan bunyi gesekan atau pergeseran pintu yang memberat.

  • Pelumasan bisa menggunakan minyak kelapa. tetapi dosis harus diperhatikan bila terlalu banyak akan merusak body dipintu dan memberi kesan lengket yang justru akan mengakibatkan debu dan kotoran mudah menempel, anda juga bisa menggunakan penyemprotan dengan WD 40 yang bisa anda beli dibengkel atau toko sparepart kendaraan.

  • Bantalan rel yang bergeser atau gompal membuat pintu geser merasa tak nyaman dipakai, biasanya disebabkan oleh kerengangan body yang disebabkan cuaca dalam ruangan dalam jangka waktu panjang, masuknya air dan benturan yang keras bisa menjadi faktor posisi rel yang tidak lagi lurus.Agar bantalan rel pintu ini awet, jangan anda biasakan membuka pintu terlalu kasar atau menindih dengan barang anda yang berat.hal tersebut, hal tersebut dapat mengakibatkan bantalan rel gompal atau melebar karena pergerakan rel terlalu dipaksa sehingga mekanisme jalannya menjadi tidak stabil.

 

Penempatang barang yang sesuai

Pintu geser didesain untuk mempermudah penggunaan dalam melakukan buka tutup pada furniture. jadi tak membutuhkan banyak tenaga untuk menggerakanya, oleh sebab itu tak perlu membanting saat menutup pintunya, beban pada kapasitas sebagai contoh lemari pakaian harus anda sesuaikan , jangan terlalu memenuhi segala barang atau pakaian dengan yang berat, kerusakan pada body merupakan kerusakan berat pada model ini. penempatan pakaian disesuaikan dengan skala kecukupan ruasnya.minada sisakan 15 % dari ruas sekat maupun gantungan pakaian, tentu keawetan pada interior tersebut dapat terminilisasi dan memberi keawetan dalam jangka panjang.       

 

Demikian tips dalam merawat produk anda semoga berguna dan bermamfaat. anda bisa dapatkan beragam tips-tips lainnya dari kami.baik tentang perawatan interior dan exterior rumah, dan terima kasih telah mengunjungi website kami

Back