cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Jenis Amplas Yang Digunakan Dalam Rumah Tangga

Amplas adalah sejenis kertas atau kain yang digunakan untuk membuat permukaan benda-benda menjadi lebih halus dengan cara menggosokkan salah satu permukaan amplas yang telah ditambahkan bahan yang kasar kepada permukaan benda tersebut. Dibawah ini merupakan jenis amplas dan fungsinya dalam pengecatan.

                                                         Kertas Amplas - RADIUM

Jenis Amplas Berdasarkan Penggunaanya :

Berdasarkan penggunaannya, amplas dapat dibedakan menjadi 2 yaitu : Amplas kering dan amplas basah.

1. Amplas Kering

Amplas kering adalah suatu jenis amplas yang digunakan untuk meratakan atau menghaluskan benda kerja atau panel  tampa cairan.

2. Amplas Basah

Amplas basah adalah suatu jenis amplas yang digunakan untuk meratakan atau menghaluskan benda kerja dengan menggunakan air atau spertus secara bersamaan.  Kedua amplas ini masing-masing memiliki keuntungan dan kekurangannya tersendiri.

                                                 Amplas Roll - RADIUM

Manfaat Amplas :

1. Meratakan Permukaan

Dengan pengamplasan akan membantu meratakan lapisan cat yang tidak imbang antara satu area dengan area yang lain agar tidak menyebabkan ketebalan dan finishing yang bagus.

2. Menghaluskan atau Memotong Rambut/Serat Kayu

Pada saat setelah pengecetan, seringkali bulu atau rambut kayu masih timbul sehingga membuat permukaan cat menjadi kasar. Selain dapat digunakan untuk meratakan permukaan cat, amplas dapat juga digunakan untuk menghaluskan permukaan lapisan cat. Amplas yang digosokkan diharapkan bisa memotong bulu-bulu kayu ini. Granula atau partikel pada permukaan cat yang membuatnya tidak halus pun akan bisa dirapikan

3. Memasukkan Putty dan Filler ke dalam Pori Kayu

Terkadang cat dasar yang terdiri dari filler dan dempul sulit masuk kedalam lubang-lubang pori. Dengan melakukan pengamplasan, baik putty ataupun filler akan tertekan sehingga dengan demikian pori maupun lubang pada kayu akan padat terisi.

Back
Whatsapp