support@radium.co.id 021-2921 8911

Tips Cara Mengamplaskan & Mengkilapkan Batu Akik

TAHAPAN MENG-AMPLAS

  • Mulai dari amplas dengan grade kasar biasanya menggunakan amplas grade 240 untuk menghilangkan sisa lekukan dari proses pembentukan batu, pastikan sisa lekukan dari proses pembentukan batu sudah hilang, karena jika lekukan tersebut tidak hilang maka lekukan tersebut akan susah hilang jika masuk ke proses amplas selanjutnya. pada tahapan ini pori-pori batu masih akan terlihat.

Kertas Amplas - RADIUM

  • Selanjutnya menggunakan amplas grade 600 untuk menghaluskan pori-pori batu yang terlihat tadi, sehingga pori-pori yang terlihat tadi akan menjadi halus dan permukaan batu menjadi agak sedikit licin. pada tahap ini pastikan agan mengetahui tingkat kekerasan batu yang agan asah karena pada tahap ini batu akan mudah panas jika terkena amplas terlalu lama pastikan suhu batu tersebut tetap stabil, caranya bisa dengan menggunakan air maupun dianginkan sebentar jika terasa panas. jika batu terlalu panas bisa menyebabkan batu tersebut krack atau pecah. biasanya pada tahapan ini batu sudah terlihat mengkilap namun pori-pori batu masih akan sedikit terlihat
  • Dilanjutkan dengan menggunakan amplas grade 1200 s/d 1500 amplas ini berguna untuk menghilangkan pori-pori pada batu serta dapat mengkilapkan batu, namun untuk beberapa jenis batu masih belum bisa terlihat mengkilap pada tahapan ini, namun pori-pori pada permukaan batu sudah menghilang dan menjadi halus,tetap perhatikan pengaturan suhu pada tahapan ini karena batu akan lebih cepat panas pada tahapan ini. sedikit tips untuk pendinginan batu pada tahap ini bisa menggunakan debu sisa dari pembentukan batu dicampurkan dengan air, di buat seperti bubur/lumpur, dengan metode ini batu tidak akan mengalami perubahan suhu drastis jika hanya menggunakan air.

proses mengkilapkan batu akik dengan amplas 5000, pada tahapan ini permukaan batu yang sudah halus dapat dikilapkan dengan menggunakan amplas 5000, bisa di kombinasikan dengan baby oil ataupun dengan serbuk intan cair.

Kertas Amplas Grit 5000 - RADIUM

 

TAHAPAN MENG-KILAPKAN

 

  • Menggunakan Bambu Hitam

bambu hitam memang sudah lama dikenal ampuh mengkilapkan batu akik, namun jika salah dalam penggunaan nya akan menyebabkan permukaan batu menjadi lecet, bukannya mendapatkan hasil maksimal malah merusak keindahan batu yang kita punya. pastikan permukaan bambu licin dan halus tidak ada lekukan yang mengakibatkan batu menjadi lecet, lalu oleskan pasta gigi atau kapur tulis pada permukaan bambu dengan di tambahkan sedikit air, lalu gosok batu pada permukaan tersebut searah dengan sedikit di tekan hingga berdecit pastikan permukaan batu sudah simetris / beraturan / tidak berlekuk / halus agar hasil polesan menjadi rata. keringkan permukaan batu jika dirasa sudah cukup mengkilap.

 

  • Menggunakan daun pisang kering

carilah daun pisang yang hampir kering berwarna coklat muda, letakkan daun pisang tersebut pada permukaan yang lembut dan datar misalnya, kain, jeans, atau karpet, lalu gosoklah batu diatas daun pisang tersebut searah dengan lembut, cara ini terkenal ampuh untuk mengkilapkan batu akik

  • Menggunakan kulit

kulit juga terkenal ampuh mengkilapkan batu akik, letakkan kulit pada permukaan yang datar dan lembut lalu gosok searah batu di atas kulit dengan lembut.

  • Menggunakan abu gosok/ abu rokok

letakkan abu gosok/abu rokok diatas kain atau jeans dengan permukaan yang datar gosok lah batu akik di atas permukaan kain tersebut dengan cara searah,jika agan menggunakan abu sosok pastikan disaring terlebih dahulu karena abu gosok yang kasar dapat membuat batu kesayangan kita menjadi lecet.

  • Menggunakan serbuk intan

letakkan serbuk intan diatas kain atau jeans, bisa menggunakan serbuk intan cair maupun kering, gosok dengan cara searah, lakukan secara berulang sampai hasil maksimal.

Back