support@radium.co.id 021-2921 8911

Engsel Sendok

Engsel sendok adalah jenis engsel yang cukup mudah untuk digunakan bagi lemari dan populer dipakai untuk kitchen set. Engsel ini juga memiliki beberapa varian yang berbeda-beda fungsinya tergantung kepada posisi pintunya.

Berbeda dengan engsel biasa, engsel kupu2 dan engsel piano yang kesemuanya itu tidak dapat disetel. Engsel ini sangat mudah untuk di setel maju mundur, naik turun dan setelan lainnya karena didesain memang user friendly.

Selain itu, engsel sendok membuat pintu kabinet atau furniture menjadi tampak bersih karena engsel tidak terlihat dari luar.

 

Jenis - jenis Engsel Sendok

Engsel sendok ini jenisnya terdapat ada 3 macam, yaitu bengkok, bengkok, dan lurus.

 

1. Engsel sendok bengkok

Engsel bengkok digunakan untuk jenis pintu yang menampakkan bodi lemarinya

Digunakan untuk pintu dalam, artinya permukaan pintu ketika tertutup akan sama rata dengan sisi tebal dinding samping kabinet sehingga sisi tebal dinding kabinet akan terlihat. Untuk posisi ini anda perlu menggunakan tipe Engsel Sendok dengan bukaan sudut 110° - 125°.

Bagian penting pada waktu penyetelan pintu dalam adalah lokasi kaki/sepatu engsel. Walaupun demikian ini tidak akan menjadi masalah besar karena engsel bisa diatur apabila posisi tidak tepat.

 

2. Engsel sendok 1/2 bengkok

Digunakan untuk lemari yang tidak menampakkan bodi lemari, terdapat pintu lain dibagian lain dimana pintu menutupi bodi lemari saja.

Dipakai untuk pintu yang hanya menutupi setengah ketebalan dinding kabinet. Berarti akan ada celah di antara pintu, di depan sisi tebal dinding kabinet. Lokasi pintu prinsipnya berada diluar namun hanya setengah dari ketebalan dinding kabinet.

 

3. Engsel sendok lurus

Serupa dengan bengkok, pada ½ bengkok posisi bodi lemari tertutup oleh pintu, yang membedakan adalah posisi bod lemari yang tertutup semua, sedangkan 1.2 bengkok hanya 1/2 yang tertutup.

Sesuai untuk pintu luar. Pada hasil akhir pemasangan hanya bagian pintu yang nampak dari luar. Sisi tebal dinding samping tertutup oleh daun pintu. Proses pemasangan hampir sama, jarak lubang, dan titik sekrup pada pintu tidak berubah. Yang berbeda adalah ukuran pintu.

Note : Ketiga engsel sendok ini ada yang jenis biasa dan ada yang jenis soft close / slow motion. Yaitu engsel yang tidak akan menutup keras walaupun dibanting sekalipun, karena terdapat sistem pegas/hidrolik yang pada derajat tertentu pintu akan tertahan dan akan menutup secara pelan dengan sendirinya.

 

Untuk Pembelian Engsel Sendok Full Bengkok dan Engsel Sendok Lurus, klik dibawah ini :

Engsel Sendok Radium

www.klikmjm.com

 

 

Cara Pemasangan Engsel Sendok

Sebagai awal sebaiknya kita mulai dengan mengetahui bagian-bagiannya.

  • Kepala Engsel
    Bagian yang menempel pada pintu memiliki 2 baut penting yaitu baut yang mengatur ketinggian dan kedalaman pintu. Baut A adalah pengatur ketinggian dan baut B adalah pengatur kedalaman sekaligus sebagai pengikat kepala engsel ke rumah engsel.

  • Rumah engsel
    Sebagai bagian yang menempel pada (biasanya) dinding samping almari. Pada produk yang mutakhir, lubang sekrup rumah engsel diperpanjang agar peletakannya pada dinding samping lebih leluasa.

 

Mengatur Posisi Pintu pada arah

  • Kanan/Kiri

    Apabila pintu miring ke kanan dengan posisi atas pintu lebih banyak di sebelah kanan posisi anda, pada engsel paling atas ; kendorkan sedikit baut B - putar/kencangkan baut A - kencangkan kembali baut B - lakukan langkah yang sama apabila masih terjadi kemiringan.

  • Atas/Bawah

    Kendurkan baut C - gerakkan daun pintu ke atas/bawah - kencangkan kembali baut C pada bagian atas dan bawah.

  • Dalam/Luar

    Kendurkan baut B - gerakkan kaki engsel pada daun pintu ke dalam/luar hingga posisi yang diinginkan - kencangkan kembali baut B.

Note : Cara Pemasangan Engsel Sendok tergantung pada jenis bukaan pintu kabinet atau furniture.

 

Untuk Pembelian Engsel Sendok Full Bengkok dan Engsel Sendok Lurus, klik dibawah ini :

Engsel Sendok Radium

www.klikmjm.com

 

 

Cara Memperbaiki Engsel Sendok Pada Pintu Kabinet atau Pintu

Engsel sendok adalah jenis engsel yang paling banyak dipakai untuk berbagai jenis lemari. Frekuensi membuka dan menutup pintu yang tinggi, seringkali membuat engsel menjadi kendur. Jika keadaan engsel dibiarkan kendur, lama kelamaan engsel dan dudukan pintu lemari akan rusak.

Ada berbagai permasalahan yang disebabkan oleh kendurnya engsel. Antara lain, kondisi daun pintu naik-turun. Biasanya ini disebabkan kendurnya sekrup penahan sayap dudukan engsel. Atau kondisi daun pintu maju-mundur. Kalau ini biasanya disebabkan setelan engsel yang kurang pas.

Langkah Pengerjaan :

  • Untuk kondisi daun pintu naik-turun:

    1. Kendurkan semua sekrup pemegang atau pengunci sayap engsel, sehingga badan engsel dapat digerak-gerakkan.
    2. Pegang daun pintu dengan satu tangan, agar posisinya tegak.
    3. Kencangkan seluruh sekrup pengikat pada kedua bagian sayap engsel. Pastikan sekali lagi, bahwa sekrup sudah melekat kuat pada kabinet.

     

  • Untuk kondisi daun pintu maju-mundur:

    1. Kencangkan sekrup, yang mengikat kuat batang engsel dengan dudukannya.
    2. Angkat bagian daun pintu sambil memutar sekrup, untuk menyesuaikan posisi agar presisi dengan bagian tepi kabinet.
    3. Jika semua engsel sudah terikat dengan kencang, sekrup bagian tengah batang engsel dengan pelat cincin, agar dudukan dan setelan engsel tidak bergeser lagi.

     

 

Untuk Pembelian Engsel Sendok Full Bengkok dan Engsel Sendok Lurus, klik dibawah ini :

Engsel Sendok Radium

www.klikmjm.com

 

 

Menentukan Jumlah Engsel Sendok

Menentukan jumlah engsel yang perlu kita pasang sebenarnya sedikit rumit karena adanya beberapa aspek yang akan mempengaruhi daya tahan engsel mengangkat pintu. Dari bahan pintu, ukuran pintu dan kekuatan engsel sendok mempunyai andil yang besar dalam hal ini. Untuk memudahkan perhitungan disini akan asumsikan bahwa sebagian besar pintu perabot lemari pakaian atau dapur dibuat dari bahan multipleks dengan ketebalan 18mm.

Apabila anda menggunakan bahan lain yang lebih berat, sebaiknya ditambahkan satu titik engsel untuk pintu tersebut.

Dengan mempertimbangkan aspek melengkung pada pintu yang selalu bergerak dan berat pintu rata-rata adalah 5-10 kg per m2. Dibawah ini adalah jumlah engsel yang 'sebaiknya' digunakan pada ukuran panjang satu pintu.

  • 2 engsel untuk ukuran pintu di bawah 1 meter dengan berat sekitar 5 kg
  • 3 engsel untuk ukuran pintu antara 100-150cm dengan berat sekitar 8 kg
  • 4 engsel untuk ukuran pintu antara 150-200cm dengan berat sekitar 14 kg
  • 5 engsel untuk ukuran pintu di atas 200cm dengan berat sekitar 20 kg

Perkiraan tersebut di atas didasarkan pula pada asumsi lebar pintu maksimal 50cm.

 

Kapan anda perlu menambah jumlah engsel pada setiap pintu?

  • Pintu lebih tebal
  • Pintu lebih panjang
  • Bahan yang digunakan lebih berat (tambahan kaca, besi sebagai aksesories dll)
  • Fungsi pintu pada waktu pemakaian nanti, sebagai penutup saja atau alat penggantung juga?

 

Merek Engsel Sendok yang beredar dipasaran sangat banyak sekali, beragam harga dan beragam kualitas. Merek Engsel Sendok yang harga nya mahal dan kualitas bagus banyak, tapi Merek Engsel Sendok yang harga nya murah dan kualitas sudah terbukti hanya RADIUM Engsel Sendok.

 

Engsel Sendok RADIUM

Kualitas tahan lama dengan lapisan Zinc (Anti Karat). Tersedia jenis Lurus & Full Bengkok (bungkuk). Harga lebih murah dari kompetitor, Kualitas sama.

Spesifikasi Engsel Sendok RADIUM sbb:

  • Berat : 60-61 Gram / pc | 120-122 gram / 2 pcs
  • Kuantitas / set : 2 Unit Engsel Sendok + 8 baut (Di dalam 1 plastik)
  • Type engsel : Standard / 1 way / 1 arah
  • Finishing : Zinc Coated (Anti Karat)
  • Ukuran : Jarak antar lubang : 52mm, Cup : 35mm

 

Untuk Pembelian Engsel Sendok Full Bengkok dan Engsel Sendok Lurus, klik dibawah ini :

Engsel Sendok Radium

www.klikmjm.com