cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Cara Membuat Gitar Akustik Dari Bahan Triplek

BACA JUGA :

Cara Membuat Gitar Akustik Dari Bahan Triplek

             Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.

Gitar akustik, dengan bagian badannya yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar akustik senar-nilon, gitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.

Gitar elektrik, diperkenalkan pada tahun 1930an, bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop.

 

Bahan dan Alat yang perlu disiapkan untuk membuat Gitar Akustik :

1. Triplek 

2. Gergaji

3. Alat ukur/Meteran  ( Belanja Online di www. klikmjm.com )

4. Pensil/Pulpen/Spidol

5. Amplas    ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

6. Lem Kayu

7. Clip

8. Tali Gitar atau String

9. Airbrush atau Pilox

 

  • Tahap Pertama - Cara membentuk Cetakan Body Side ----> Langkah pertama:

1. Siapkan kayu lapis yang agak lebar, selebar gitar yang akan di bentuk, agar bisa memaximalkan pembentukan maka harus 2 kayu lapisnya. 

2. Setelah barang diatas sudah siap, langkah selanjutnya adalah membentuk atau melubangi kayu lapis tersebut. Caranya sangat mudah, siapkan sepidol atau Pensil, terserahlah mau pake apa yang penting bisa untuk menggambar, setelah itu gambarlang body gitar di kayu lapis tsb, setelah digambar kita bisa memotongnya dengan gergaji mesin atau gergaji triplek manual, tetapi membutuhkan waktu lama bila menggunakan gergaji manual daripada yang mesin.

3. langkah selanjutnya, bila kedua kayu lapis tersebut sudah di potong, maka yang akan kita gunakan adalah yang pinggirnya, yang tadi tengahnya di ambil, sekarang kita gunakan yang pinggirnya. 

4. setelah itu buat seperti ini :

5. Cara menggabungkannya sisi pingirnya biar agak tinggi, kita tambah dengan kayu dengan cara di Lem kayu.

  • Tahap Kedua - Cara Membuat Body Side ----->

1. Potong triplek memanjang, tingginya bagimana tipe gitarnya. setelah dipotong memanjang, kita bisa memasukan triplek tadi ke cetakan yang telah kita buat pada tahah pertama. 

2. Setelah kita masukan, lalu kita Tahan dengan Clip untuk menahan agar triplek itu membentuk dengan sempurna.

3. Langkah selanjutnya penjemuran, sampai kayunya agak kecoklat-coklatan.

 

BACA JUGA :

​

  • Tahap Ketiga - Pembuatan Linings pada dalam triplek ------>

1. Potong kayu yang panjangnya sampai bisa mengelilingi body side, dan lebarnya kurang lebih 1 cm, fungsinya untuk memperkuat "back dan top" nantinya.

2. Bentuk kayu tersebut seperti ini :

  • Tahap Keempat - Pembuatan Braces ----->

1. kayu kita potong dan kita bentuk seperti ini :

  • Tahap Kelima - Pembuatan Body Top and Back ----->

1. langsung saja sebelumkita gabungkan ke body side, terlebih dahulu kita pasang Linings dan Braces tersebut di Body sidenya.

2. setelah itu, tempelkan triplek top dan back. Tidak usah di bentuk pun tinggal tripleknya, tinggal kita tempelkan saja.

3. Kalau sudah kering baru kita potong dan rapihkan.

  • Tahap Keenam - Pembuatan Neck Gitar ------>

1. Langkah pertama yang harus siapkan adalah siapkan kayu.

2. Setelah itu kita bentuk dengan alat yang kalian punya dirumah dengan Amplas, pemotong triplek untuk membentukkannya dan serutan atau pasah.   ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

3. Ukuran tinggi Neck tersebut setandarnya adalah 1,5 cm

4. Setelah Neck siap, kita pasang Finger Board dan pemasangan Fret.

  • Tahap Ketujuh - Pemasangan Bridge ------>

1. Beri lubang pada body untuk memasang Bridge

2. Setelah itu kita Lem menggunakan Lem Kayu

3. Lalu Jemur hasilnya.

  • Tahap Terakhir/ Finishing - Pengecatan ------->

1. siapkan alatnya yaitu Airbrush atau Pilox untuk alat pengecatan, tetapi lebih halus atau hasilnya lebih bagus menggunakan Airbrush.

2. Untuk warna, itu selera dengan pelanggan, untuk yang gitar yang ingin menggunakan warna Melamin juga lebih bagus...

 

BACA JUGA :

Back
Whatsapp