cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Tips Praktis Mengupas Cat Dinding Rumah

BACA JUGA :

 

Tips Praktis Mengupas Cat Dinding Rumah               

              Mengupas cat tembok biasanya dilakukan ketika Anda akan mengganti cat lama dengan yang baru. Baik karena faktor cat lama yang sudah rusak, pudar, berjamur atau karena faktor ‘bosan’. Dengan mengupas cat tembok lama, diharapkan nantinya akan menghasilkan warna  yang lebih baik. Berbeda ketika cat yang baru langsung diaplikasikan tanpa mengupas cat tembok lama terlebih dahulu, biasanya cat akan cepat rusak lagi.

Tidak semua orang mengetahui cara mengupas cat tembok lama yang benar. Mengupas cat tembok merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah. Dikarenakan faktor perbedaan tembok yang terkena paparan sinar matahari, ada tembok yang mudah dibersihkan, tapi tidak sedikit juga bagian tembok yang sulit dibersihkan. 

  • Cara mengupas cat tembok lama yang praktis:

1.    Menggunakan paint remover
Paint remover hari ini sudah banyak dijual di toko cat dan material. Jenisnya pun beragam, mulai dari yang tingkat agresivitasnya paling tinggi hingga yang rendah. Cara pemakainnya juga mudah, berikut cara mengupas cat tembok menggunakan paint remover:

a. Kuaskan cairan paint remover ke bagian tembok yang akan dikelupas. Lakukan secara bertahap dan jangan lupa gunakan sarung tangan dalam pengaplikasiannya. Anda harus hati-hati saat menggunakan cairan paint remover ini saat mengupas cat tembok lama pada dinding rumah Anda. Cairan ini bersifat korosif dan juga gatal jika terkena kulit jadi Anda harus ekstra hati-hati saat mengaplikasikannya.

b. Biarkan sekitar 2 – 3 menit hingga cat terlihat menggelembung

c. Kupas dengan sekrap saat kondisi cat masih lembab dan tekan sekrap sampai ke dasar cat sehingga pengupasan lebih sempurna.

d. Bersihkan tembok dari sisa paint remover dengan air

e. Biarkan hingga mengering atau bisa juga dikeringkan dengan kain

f. Setelah kering, haluskan dengan Amplas. Anda dapat menggunakan Amplas yang paling kasar pada permulaan pengamplasannya baru setelah itu Anda bisa menggunakan Amplas yang lebih halus pada tahap akhirnya. Dengan begitu mengupas cat tembok dengan cepat bisa Anda lakukan.  ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

g. Lap dengan kain untuk membersihkan tembok dari sisa debu yang menempel. Anda harus memastikan permukaan tembok benar-benar bersih agar hasil akhirnya bisa maksimal. Anda bisa mengulangi pembersihannya jika dirasa perlu.

 

  • Hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan paint remover:

a. Jangan sampai Anda menghirup uap yang keluar dari kaleng paint remover.

b. Usahakan cairan paint remover tidak mengenai tubuh Anda. Karena cairan paint remover mengandung bahan kimia, maka akan terasa gatal. Jika tubuh Anda terkena, langsung bersihkan dengan air.
c. Bersihkan segera peralatan kerja yang digunakan, seperti kuas, sarung tangan dan sekrap agar bekas cat maupun kotoran yang menempel bisa hilang sehingga alat senantiasa bersih saat hendak digunakan.

 

2.    Menggunakan Thinner
Jika harga paint remover dirasa terlalu mahal, cara ke dua ini bisa menjadi solusinya. Namun Anda perlu memilih jenis thinner yang baik kualitasnya. Ada banyak jenis thinner yang beredar di pasaran, pastikan pilihan Anda adalah jenis epoxy atau ND. Selain lebih murah harganya, penggunaan thinner akan mempermudah pengupasan cat lama Anda.

Anda hanya tinggal menyapukan cairan thinner di permukaan yang akan dikupas. Tanpa menunggu lama, kerok bagian yang dikuas tadi, karena thinner akan menguap dan mengering dengan cepat. Jika terlalu lama akan mengakibatkan gagalnya proses pengupasan dan tembok harus dioles dengan thinner lagi. Jika tembok terlalu luas, sebaiknya oleskan thinner sedikit saja. Sehingga thinner tidak menguap dan terbuang percuma.

Baca Juga :

Setelah proses mengupas cat tembok lama selesai, Amplas dan bersihkan tembok dari kotoran yang tertinggal.   ( Belanja Online di www.klikmjm.com )
Kemudian, Anda bisa memulai pengecatan seperti Anda mengecat di tembok yang baru. Meski telah dibersihkan dan dikerok, cat tetap akan menempel dengan kuat. Caranya yaitu dengan mengencerkan cat yang akan diaplikasikan pertama kali. Baru kemudian dicat dengan cat yang kental.

Back
Whatsapp