cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Apa Itu Mata Gerinda Flap Disc ??

Sumber Gambar : www.radium.co.id

MATA GERINDA FLAP DISC (AMPLAS)

Baca Juga : 

Mata Gerinda Flap Disc

Mata Gerinda Flap Disc  adalah sejenis amplas  (kertas pasir) dengan bahan dari sejenis kertas   tahan air, kain, serta synthetic fiberglass yang sudah disatukan dari material abrasif  untuk dipergunakan sebagai alat kerja untuk menghasilkan permukaan benda maupun bahan menjadi lebih halus dan rata, dengan cara pengunaan nya dengan digosok secara manual maupun dengan mesin yang mana dengan cara tersebut berfungsi untuk mengikis atau menghaluskan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Halus serta kasarnya kertas amplas ditentukankan dengan angka yang terdapat dibalik kertas amplas atau dibagian depan untuk jenis amplas mata gerinda flap disc tersebut. Semakin besar angka yang tertulis menunjukkan semakin halus dan rapat susunan pasir amplas tersebut. Pada umumnya amplas jenis mata gerinda flap disc  digunakan dalam pekerjaan untuk perbaikan dan penyelesaian finishing dari bodi otomotif, amplas jenis mata gerinda flap disc  ini juga digunakan untuk mempermudah pengerjaan menggosok lapisan cat, dempul atau surfacer. 

  • Macam-macam jenis amplas berdasarkan jenis. 

Amplas Kering  (dry-sanding). Untuk amplas yang menggunakan bahan material backing terbuat dari bahan kertas  maupun jenis  material mata gerinda flap disc yang mana penggunaan bahan dasar nya tidak tahan oleh  air, sehingga untuk amplas jenis ini digunakan untuk pengamplasan kering (dry-sanding).

Amplas Basah untuk jenis ini kebalikan dari amplas kering (flap disc) pemilihan penggunaan amplas dengan material backing dari bahan kertas tahan air, kain, ataupun synthetic fiberglass disesuaikan dengan kekuatan, fleksibilitas, dan kondisi bidang permukaan benda kerja yang akan dikerjakan. 

  • Macam-macam jenis amplas berdasarkan material. 

Terdapat dua jenis material abrasif amplas yang umum digunakan pada pekerjaan perbaikan dan penyelesaian bodi otomotif, yaitu silicon carbide dan alumunium oxide.  

Partikel abrasif yang terbuat dari silicon carbide, terpecah-pecah menjadi butiran kecil pada saat pengamplasan dan secara konstan memunculkan tepian baru yang tajam. Partikel-partikel ini sangat sesuai untuk mengamplas (sanding) cat yang relatif lunak.  

Oxidized alumunium merupa-kan partikel abrasif yang sangat kuat dan tahan aus. Oleh karena itu oxidized alumunium sangat sesuai digunakan untuk mengamplas cat yang relatif keras.

  • Macam-macam jenis amplas berdasarkan ukuran tingkat kehalusan

Untuk ukuran amplas susun gerinda tangan 4 in yaitu biasanya tingkat kehalusa serta kasarnya kertas amplas ditentukankan dengan angka yang terdapat dibalik kertas amplas atau dibagian depan untuk jenis amplas mata gerinda flap disc tersebut. Semakin besar angka yang tertulis menunjukkan semakin halus dan rapat susunan pasir amplas tersebut. Pada umumnya amplas jenis mata gerinda flap disc  siza 60, 80, 100, 120, 180. untuk menentukan tingkat kekasaran amplas, makin besar nomer makin halus permukaan amplasnya dan yang dapat dihasilkan.

Demikianlah informasi yang kami dapat berikan untuk pengetahuan bersama yang kami dapatkan dari berbagai sumber dan buku, Informasi Mata Gerinda Flap Disc ini diberikan oleh Distributor Mata Gerinda. Untuk tujuan mempermudah dan menambah wawasan mengenai sejarah dan tentang gerinda. Dan kami juga menyediakan Mata Gerinda Flap Dish Murah dan Ekonomis,  silahkan langsung check di website kami www.klikmjm.com

Back
Whatsapp