cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Rel Laci - Jenis dan Cara Pemasangannya

Jenis rel laci dan cara pemasangannya. Salah satu Aksesoris Furniture yang sangat penting dalam fungsionalnya adalah Rel Laci. Seiring berkembangnya waktu sistem rel semakin berkembang, dulu secara tradisional laci tidak menggunakan alat bantu karena terbuat dari kayu, atau sistem bukaan yang di buat pas antara lubang laci dengan lacinya. Namun seiring waktu saat ini terdapat beberapa model hardware, yaitu yang menggunakan ball bearing full extension, standar extension, dan juga under mount atau dikenal sebagai rel tandem.

  • Rel Laci Kayu Tradisional

Rel ini adalah jenis paling tua, bahkan sistem ini bisa diaplikasikan tanpa tambahan perlengkapan apapun. Namun jika hasil pekerjaannya dangat rapi, rel laci model ini sangat kuat dan tahan lama. Selain itu, kesan klasik dan tradisionalnya terjaga.

Selain model laci tanpa rel, ada juga yang berinovasi dengan membuat profil pada sisi laci atau pada sisi body laci, sehingga ketika ditarik keluar masuk laci dalam posisi fix dan tidak sampai lepas.

                                                                        Rel Laci dari Kayu

Beberapa keuntungan rel dari kayu

> Rel laci dari kayu sangat kuat dan awet tidak berkarat dan tidak aus.
Menghemat biaya karena tidak ada hardware tambahan.
Jika dibuat dengan pas dan rapi rel laci dari kayu juga mudah ditarik masukkan.

 

Baca Juga:  Cara Membuat Laci Meja Sederhana

 

Kekurangan rel dari kayu

< Secara penampilan kurang modern.
Laci tidak bisa di buka secara full extension karena ada stopper agar laci tidak lepas ketika dibuka.
Dibutuhkan pelicin atau wax agar laci mudah dibuka dan ditutup.
Membutuhkan ketelitian dalam pengerjaan agar hasilnya pas dan mudah digunakan.
 

  • Rel Laci Sliding Model Samping

Rel sliding model samping paling banyak diaplikasikan karena harganya relatif murah dan terdapat beragam pilihan. Rel sliding model samping terdapat dua jenis, yaitu yang menggunakan ball beraring full extension dan yang menggunakan roda. ( Beli Rel Laci di www.klikmjm.com )

 

1. Rel Laci low profile bukaan 3/4

Merupakan rel sistem laci yang menggunakan roda berukuran kecil. Rel model ini banyak ditemui di berbagai model furniture modern dan minimalis. Namun rel laci jenis ini tidak bisa membuka secara penuh (hanya 3/4 dari keseluruhan kaci) karena ada stoper pada bagian belakang supaya laci tidak terjatuh saat dibuka maksimal. ( Beli Rel Laci di www.klikmjm.com )

Cara memasangnya cukup mudah hanya perlu diberi jarak antara body dengan laci sekitar 1/2 inchi.

 

Baca Juga: Cara Memilih Amplas Yang Akan di Gunakan

 

2. Rel Laci Full Extension Ball Bearing (dobel tarik)

Rel sistem laci ini saat ini paling banyak digunakan untuk furniture dan kitchen set. Rel laci ini memungkinkan laci dibuka secara penuh full extension. Di dalamnya terdapat sistem sliding yang terdiri dari bola-bola baja yang kecil sehingga terasa senyap dan mudah dikeluar masukkan.

Cara pemasangan rel full extension juga cukup simple, sebelum membuat laci harus diberi space dulu sekitar 1,2 cm atau sesuai ketebalan dari rel laci. Antara hardware yang menempel di laci dan body karkas bisa dipisah dengan mudah. ( Beli Rel Laci di www.klikmjm.com )

 

  • Rel Laci Sliding Model Bawah (Tandem)

Rel laci model yang lain dan banyak diaplikasikan pada furniture kelas atas karena rel lacinya tidak terlihat dan mempunyai kekuatan yang besar. Sistemnya hampir sama dengan rel laci sliding samping full extension tetapi letaknya di bawah. Selain itu bentuknya lebih besar dengan pelat body yang lebih tebal.

                                                                          Rel Laci Tandem

Sistem pemasangannya sedikit berbeda dan harus ada space yang cukup pada area bawah laci. Biasanya laci ini dilengkapi dengan sistem penggerak slow motion sehingga laci bisa bergerak sendiri saat didorong.

 

Baca Juga:  Jenis - Jenis Mata Gerinda Serta Fungsinya

 

Sementara itu, jika dilihat dari sistem penggeraknya sistem dari rel sliding yaitu:

1. Sistem slow motion, yaitu sistem penggerak lambat karena menggunakan piston penghambat sehingga ketika ditutup tidak mengeluarkan suara dan ketika didorong bisa menutup sendiri.
2. Sistem non slow motion, adalah sistem sliding tanpa dilengkapi piston penggerak sehingga tidak bisa menutup sendiri.
3. Sistem push open, ini merupakan sistem terbaru dan menggunakan sistek elektrik dimana cara membuka dan menutupnya cukup dengan menekan bagian depan laci maka laci akan membuka atau menutup sendiri.


Demikian uraian mengenai hardward furniture yaitu sistem laci yang memungkinkan kita bisa menarik dan menutup laci dengan mudah. Masing-masing sistem mempunyai kelebihan dan juga harga yang cukup berbeda tergantung merek dan kualitas, langsung check di www.klikmjm.com.

Back
Whatsapp