cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Cara Memilih Amplas Yang Akan Digunakan

Amplas Kertas Merk RADIUM

Baca Artikel :

 

Cara Memilih Amplas Yang Akan Digunakan

              Faktor yang sangat penting dalam penggunaan amplas adalah memilih nomor grit (tingkat kekasaran amplas) karena hal ini akan mempengaruhi hasil kerja dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Nomor grit biasanya dicetak pada bagian belakang amplas. Semakin kecil nomor grit, amplas tersebut semakin kasar. Sebaliknya, semakin besar nomor grit, amplas tersebut semakin halus. ( Beli Amplas di www.klikmjm.com )

Dibawah ini adalah nilai grit dari amplas dan kegunaan amplas untuk masing-masing gritnya: 
1. Kasar sekali (20-36) untuk menghilangkan permukaan kasar dengan cepat
2. Kasar (40-50) untuk menghaluskan permukaan kasar dengan perlahan
3. Medium (80-120) menghilangkan noda/stain dan persiapan awal sebelum finishing
4. Halus (150-180) digunakan pada persiapan akhir sebelum finishing
5. Sangat halus (220-240) digunakan untuk mengamplas pada proses antara stain dan coating

* Contoh : Pada pekerjaan perbaikan dan penyelesaian bodi otomotif, amplas digunakan untuk menggosok lapisan cat, dempul atau surfacer. Rentang nomor grit amplas yang digunakan untuk otomotif berkisar antara 60 sampai 2000. Jika amplas dengan grit 600 (amplas halus) digunakan untuk mengelupas cat asli, tentu akan terjadi pemborosan waktu dan tenaga. Maka, kita perlu memakai amplas kasar yang ditunjukkan dengan angka grit lebih rendah.

Baca Artikel :

 

Cara Memilih Amplas
Selanjutnya, untuk memperoleh hasil yang baik, penggantian grit amplas juga harus dilakukan secara bertahap. Dengan demikian, kita dapat mencegah timbulnya goresan pada permukaan benda.

Selain pemilihan grit, pemilihan amplas juga ditentukan oleh bentuk, ukuran, dan sifat benda yang akan diamplas. ( Beli Amplas di www.klikmjm.com )

* Contoh : Untuk mengasah pisau, kita bisa menggunakan amplas sintetis berbentuk roda atau amplas batu alam (ungkal) dan tentunya kita akan memilih amplas yang lebih mudah didapatkan dan lebih mudah digunakan.

Selain itu, kita juga perlu mempertimbangkan alasan kesehatan dalam memilih amplas. Amplas bisa digunakan dengan air atau minyak pelumas, seperti spirtus. Ini mungkin berbahaya jika terhirup, bahaya kontak akibat gesekan tertentu juga bisa menghasilkan panas, dan ada potensi bahaya atas bahan yang mudah terbakar. ( Beli Amplas di www.klikmjm.com )

Back
Whatsapp