cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Jenis – Jenis Mata Gerinda Serta Fungsinya

Baca Artikel : 

>> Cara Memilih Amplas Yang Akan Digunakan

>> Perbedaan Amplas Kertas dan Amplas Roll

>> Perbedaan Amplas Lembaran dan Amplas Gulungan

 

Jenis – Jenis Mata Gerinda Serta Fungsinya

Mesin Gerinda adalah suatu alat ekonomis untuk menghasilkan bahan dasar benda kerja dengan permukaan kasar maupun permukaan halus untuk mendapatkan hasil dengan ketelitian tinggi. Mesin Gerinda dalam pengoperasiannya menggunakan Mata Gerinda atau Batu Gerinda, dimana mata potongnya berjumlah banyak dan digunakan untuk kemampuan dalam penggunaan untuk mengasah maupun sebagai alat potong benda kerja.

Dari berbagai macam bentuk Mata Gerinda, berikut jenis – jenis dari Mata Gerinda serta fungsi dari mata gurinda tersebut :

1. Mata Gerinda Asah ( Grinding Wheel )

Mata batu gerinda atau biasa disebut dengan Grinding Wheel ini berfungsi untuk mengikis permukaan logam, baik pada besi, baja, maupun stainless steel.

 

2. Mata Gerinda Fleksibel ( Flexible Disc )

Mata batu gerinda ini biasanya digunakan untuk mengikis permukaan logam khusus pada area-area yang terbatas/sempit. Mata Gerinda Fleksibel ini juga dapat digunakan untuk memotong logam, namun kelemahannya yang dihasilkan dari fungsi ini yaitu area yang terpotong akan lebih banyak atau lebar daripada dengan menggunakan batu gerinda potong.

 

3. Mata Batu Gerinda Potong ( Cutting Wheel )

  

Sesuai dengan namanya, mata batu ini berfungsi untuk melakukan pemotongan pada media logam, baik untuk besi mildsteel, baja, hingga stainless steel, tentunya dengan menyesuaikan spesifikasi pada produk tersebut.

 

4. Sikat Gerinda ( Steel Wire Brush )
   

Fungsi dari sikat gerinda adalah untuk membersihkan bagian-bagian permukaan logam dari adanya kotoran, seperti karat, kerak serta akibat proses oksidasi pada permukaan logam. Sikat gerinda ini juga berfungsi untuk mengelupas lapisan permukaan kulit luar kayu, dengan tujuan untuk menghilangkan lapisan tersebut.


5. Ampelas Gerinda

Gerinda Datar ( Fibre Disc )  Gerinda Susun ( Flap Disc )

     Ampelas gerinda ini memiliki dua jenis yaitu Ampelas Gerinda Susun ( Flap Disc ) dan Ampelas Gerinda Datar ( Fibre Disc ). Fungsi dari alat ini yaitu untuk mengikis permukaan, baik pada permukaan logam maupun pada permukaan kayu yang bertujuan untuk menghasikan finishing permukaan yang rata dan halus. ( Beli Online di www.klikmjm.com )

 

6. Pisau Potong Keramik ( Diamond Wheel )

         

Pisau potong keramik ini memiliki dua jenis, yaitu jenis basah dan jenis kering. Sesuai dengan namanya pisau ini berfungsi untuk memotong keramik.

 

7. Gerinda Tembok ( Diamond Turbo Wheel )

Fungsi dari gerinda ini adalah sebagai pengikis pada bidang permukaan semen, tembok, dan marble/granit yang bertujuan untuk menghasilkan permukaan yang rata dan untuk meratakan serta mengikia sisi dari granit untuk menciptakan lekukan sesuai pola yang diinginkan.

 

8. Pisau Kayu ( Circular Saw )

Sesuai dengan namanya, pisau potong ini berfungsi untuk memotong kayu. Pada varian produknya, circular saw diciptakan dengan berbagai jumlah mata gerigi yang biasa disebut teeth.

 

9. Mata Gerinda Asah Spons ( Grinding Wheel Sponge ) 

Mata gerinda asah spons memiliki fungsi yaitu, untuk menghaluskan dan mengkilapkan permukaan pada batu marmer/granit.

 

10. Mata Gerinda Asah Woven ( Non Woven Nylon Wheel )

Seperti halnya dengan gerinda asah spons, gerinda asah spons juga berfungsi untuk menghaluskan dan mengkilapkan, namun perbedaannya adalah pada medianya. Jika gerinda asah spons untuk material bebatuan, maka untuk gerinda asah spons berfungsi untuk untuk mengikis serta mengkilapkan pada permukaan logam, khususnya pada Stainless steel dan Alumunium. ( Beli Online di www.klikmjm.com )

 

11. Polishing Pad & Kain Poles ( Wool Polishing Bonnet )

Alat ini berfungsi sebagai pengkilap dari tampilan produk yang menggunakan cat clear coat.


Dengan segala keunggulan serta fungsinya, tidak salah jika gerinda tangan adalah salah satu power tools yang wajib Anda miliki untuk kegiatan sehari-hari (selain mesin bor). Tidak harus menjadi profesional untuk menggunakan gerinda tangan.

Jangan lupa, lengkapi diri Anda dengan perangkat keselamatan kerja saat menggunakan mesin gerinda tangan.

Demikianlah informasi yang kami dapat berikan untuk pengetahuan bersama, kami adalah Distributor Mata Gerinda dan semua jenis Amplas ( Kertas Pasir ). Mata Gerinda dan Semua jenis Amplas bisa dibeli di website klikmjm.com . Anda akan mendapatkan Mata Gerinda dan Semua Jenis Amplas dengan harga yang murah dan kualitas terjamin.

Di klikmjm.com tersedia bermacam-macam jenis Amplas, sbb :
> Amplas Duco / Amplas Kertas, 
> Amplas Roll/ Amplas Gulungan, 
> Amplas Flap Disc / Amplas Susun
> Amplas Flap Wheel / Amplas Gagang
> Amplas Fibre Disc / Amplas Bulat / Amplas Gurinda
> Amplas Belt
> Alloy Wire Brush

Semua jenis Amplas yang Anda butuhkan, ada di klikmjm.com . Dari Amplas yang manual hingga Amplas yang dipasang ke Mesin Amplas.
Amplas di klikmjm.com bisa langsung dibeli dengan harga mulai dari Rp. 3.800,-

Back
Whatsapp