cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Cara Mengecat Mobil Sendiri Dirumah

Baca Artikel :

 

Cara Mengecat Mobil Sendiri Dirumah

Ini adalah ikthisar dasar bagi orang-orang untuk diikuti sehingga mereka dapat mengecat mobil mereka sendiri!

  • Persiapan


1. Temukan tempat yang tepat untuk melakukan pekerjaan. Anda akan butuh tempat dengan ventilasi yang baik, sedikit debu, pencahayaan baik, listrik, dan ruangan untuk bekerja di sekitar kendaraan Anda. Garasi perumahan biasanya tidak cocok karena keberadaan pemanas air atau perapian yang mungkin menyebabkan pengapian akan uap cat yang bisa terakumulasi selama proses pengecatan.

2. Kumpulkan bahan-bahan dan peralatan yang Anda kan butuhkan untuk melakukan pengecatan. Peralatan yang Anda Butuhkan :
> Kompresor udara
> Penyemprot cat/Spray Gun  ( Beli Spray Gun di www.klikmjm.com )
> Mesin penghalus dengan bantalan
> Kertas amplas dengan pasir dari 120-600-1200-1500 untuk persiapan sampai selesai pengamplasan ( Beli Kertas Amplas di www.klikmjm.com )
> Pelarut untuk membersihkan permukaan
> Selotip dan kertas
> Cat dasar
> Cat (enamel, enamel akrilik, or polyurethane)
> Thinner cat dan katalis atau pengeras
> Respirator, masker debu, dan pelindung mata
> Body filler atau komponen serat optik untuk perbaikan

3. Bersihkan karat dan perbaiki penyok yang Anda tidak ingin untuk terlihat ketika pengecatan selesai.

4. Lepaskan hiasan khrom atau plastik yang dapat dilepas dengan mudah dan diganti nanti. Kebanyakan dari cetakan panel bodi yang digunakan pada mobil dapat dicopot dan dipasang kembali dengan mudah, tetapi jika usaha yang lembut untuk melepas tidak berhasil, jangan mencoba untuk memaksa melepaskan. Beberapa toko menjual alat yang membantu proses pelepasan hiasan.

5. Amplas cat salah satu ke logam, cat dasar asli, atau setidaknya cukup untuk cat baru untuk menempel. Seberapa banyak Anda memilih untuk mengamplas adalah terserah Anda, tapi hasil paling baik akan membutuhkan melepaskan cat sampai ke logam, mengecat ulang permukaan dengan cat dasat otomotif, dan kemudian memakai cat akhir Anda. ( Beli Kertas Amplas di www.klikmjm.com )

6. Bersihkan semua permukaan secara menyeluruh, gunakan cairan mineral/thinner atau alkohol terdenaturasi untuk memastikan tidak ada minyak (termasuk minyak tubuh dari jari dan tangan) ada pada mobil.

7. Gunakan selotip dan kertas untuk menutup semua permukaan yang tidak dicat, termasuk kaca, hiasan jendela, gagang pintu, cermin, dan grill. Pastikan tidak ada lubang pada selotip dan kertas yang akan mengizinkan cat berlebih di luar area untuk tembus.
* Menutup garasi Anda dengan plastik juga merupakan ide yang bagus untuk menghindari mewarnai seluruh ruangan secara permanen.

  • Mengecat Mobil

1. Beri cat dasar pada permukaan dengan cat tahan korosi dan self-etching jika Anda telah membersihkan seluruh cat sampai ke logam. Cat semua permukaan dimana Anda gunakan body filler atau bersihkan karat, lapisi area ini menjadi transisi yang halus dan berikan cat yang cukup untuk mengisi goresan atau lubang yang tertinggal pada proses persiapan.

2. Izinkan cat dasar untuk menguap seluruhnya. Cek informasi pada wadah. Waktu menguap cat dasar mungkin berbeda-beda, dan beberapa cat dasar membutuhkan pelapisan kembali (memakaikan cat akhir) pada periode waktu tertentu setelah pemakaian.

3. Amplas halus semua lapisan yang sudah diberi cat dasar. Gunakan kertas 600 pasir basah/kering untuk menghaluskan bekas atau tetesan cat ke permukaan, hati-hati untuk tidak mengamplas terlalu jauh dan mengekspos logam kembali. ( Beli Kertas Amplas di www.klikmjm.com )

4. Bersihkan permukaan setelah pengecatan untuk menghilangkan debu atau minyak yang terkumpul ketika pengecatan. Lap menggunakan pembersih lilin dan minyak atau aseton.

5. Semprot cat akhir pada mobil. Persiapkan cat untuk penyemprotan menurut petunjuk pabrik. Enamel otomotif dan beberapa polyurethane memberikan hasil lebih baik dengan pengeras atau katalis.
* Pastikan cat ditipiskan dengan benar untuk peralatan yang Anda gunakan, tetapi hindari penipisan berlebihan, yang akan menurunkan kilauan dari permukaan yang sudah selesai dan dapat menyebabkan bekas.

6. Izinkan cat untuk menguap sepenuhnya. Ketika menggunakan katalis, cat Anda seharusnya kering untuk disentuh kurang dari 24 jam dengan penguapan penuh memakan waktu selama 7 hari tergantung produk yang digunakan. Selama selang waktu antara permulaan proses pengecatan dan waktu tack-free, mobil harus tetap bebas dari debu.

7. Selesaikan mengamplas mobil. Gunakan kertas amplas 1200 atau lebih pasir basah, dan amplas lapisan akhir dari cat sampai halus dengan sempurna. Bilas residu amplas dari permukaan dan biarkan untuk mengering.  ( Beli Kertas Amplas di www.klikmjm.com )
* Clear-Coat dapat digunakan jika diinginkan untuk memberikan tampilan kilau yang lebih dalam dan tinggi.
* Clear-Coat dapat diamplas dengan kertas 1500 pasir basah untuk menghilangkan bekas kecil, kotoran, dan kecacatan minor lainnya.

8. Gunakan senyawa penggosok untuk memoles cat dan memulai untuk memperlihatkan kilau. Langkah ini paling baik dilakukan dengan tangan, tetapi mesin pengkilap dan alat memoles ada untuk membuat itu jauh lebih mudah. Berhati-hati, karen alat-alat ini dapat merusak cat jika disalahgunakan. Mungkin ide yang bagus ketika menggunakan mesin untuk melepaskan selotip dari tepi-tepi mobil dan mengkilapkan dengan tangan.

Baca Juga : 

Tips
> Pastikan bahwa cuaca saat itu tepat untuk mengecat.
> Jangan terburu-buru pada saat persiapan. Jadikan halus dan benar sebelum Anda mengecat mobil. Anda tidak ingin untuk menjadi kacau.
> Ingat menjaga jarak antara alat penyemprot ke bodi mobil. Jika tidak, cat akan keluar dengan gumpalan besar.
> Bersabar dan jadilah cermat! Cat dengan perlahan. Jangan terburu-buru, atau Anda mungkin harus mengulang yang mana sangat tidak mengenakkan.
> Pakaikan kawat beraliran pada kendaraan dan pada pusat listrik yang umum. Ini akan mencegah pembentukan listrik statis yang dapat menarik partikel debu.
> Belajar bagaimana mengecat mobil membutuhkan kesabaran, dan tidak boleh terburu-buru. Tetap tersenyum dan Anda akan siap.
> Jangan lakukan ini sendiri. Tanya seseorang yang mempunyai pengalaman mengecat mobil jika mau membantu! Anda mungkin mendapatkan hasil cat yang lebih baik apabila ini adalah kali pertama Anda?

Peringatan
>
Uap dapat menjadi berbahaya dan berpotensi mematikan. Peringatan keamanan untuk menghindari menghirup uap termasuk menggunakan respirasi uap air yang tepat seperti respirator organik dan memastikan tempat bekerja memiliki ventilasi yang baik. Sistem ventilasi juga esensial untuk menghindari pembentukan uap dari jarak dekat yang dapat meledak.

Back
Whatsapp